Reporter: Adhitya Himawan | Editor: Havid Vebri
JAKARTA. Produsen kaca film PT V-Kool Indo Lestari kian mantap dengan pilihan bisnisnya. Perusahaan ini ingin memperbesar porsi penjualan kaca film untuk bangunan atau properti.
Hasilnya punya mulai tampak. Linda Wijaya, Vice President Director PT V-Kool Indo Lestari membeberkan, tatkala pertama kali masuk pasar Indonesia 20 tahun lalu, komposisi penjualan perusahaan itu adalah 85% kaca film otomotif dan 15% kaca film bangunan. Sekarang, komposisi penjualan V-Kool berubah. Yakni: sebesar 70% kaca otomotif dan 30% kaca bangunan.
Manajemen V-Kool menampik alasan memutar haluan bisnisnya itu lantaram berangkat dari potret penjualan otomotif di tanah air yang tengah lesu. Perusahaan tersebut beralasan, saat ini, mereka melihat potensi penggunaan kaca film bangunan yang makin besar. "Jadi potensinya besar, bukan karena bisnis otomotif turun lalu kami beralih ke kaca bangunan," kata Linda, Rabu (26/8).
Sayangnya, V-Kool menolak membeberkan perolehan angka penjualan maupun laba hingga semester I-2015. Yang pasti, bisnis meningkat, perusahaan ini belum berencana membangun pabrik produksi kaca film di Indonesia.
Pasalnya, biaya investasi pembangunan pabrik membutuhkan dana investasi yang c ukup besar. Walhasil, mereka masih mengandalkan produk kaca impor dari Amerika Serikat dan Jerman.
Meski mengandalkan produk impor, V-Kool belum berencana mengerek harga jual. Pasalnya para prinsipal produk kaca yang bekerjasama dengan V-Kool, belum mengizinkan untuk menaikkan harga jual selama level rupiah masih di bawah Rp 15.000 per dollar Amerika Serikat. "Kalau sudah lebih, barulah dilakukan penyesuaian" ujar Linda.
Padahal, sebelumnya, manajemen V-Kool menyatakan, sudah menaikkan harga jual kaca sebesar 5% sejak Januari 2015. Saat ini, banderol harga jual kaca film mereka mulai dari Rp 6 juta.
Lantaran hanya mengandalkan produk impor, V-Kool pun mengimbangi strategi dengan menawarkan produk anyar. Dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, perusahaan ini meluncurkan dua produk baru.
Pertama yakni kaca film spectrally selective. V-Kool mengklaim, produk ini adalah kaca film pertama dan satu-satunya yang menyediakan perlindungan panas dan radiasi matahari. Kaca film tersebut bisa diaplikasikan pada otomotif maupun bangunan.
Kedua, kaca paint protection film. Produk ini terbuat dari serat kaca yang berfungsi melindungi badan kendaraan dari sinar ultra violet. Sayang, lagi-lagi, perusahaan yang menjadi distributor V-Kool ini enggan membeberkan target penjualannya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News