kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Volume produksi nikel Vale Indonesia (INCO) kuartal II-2021 capai 15.048 metrik ton


Selasa, 20 Juli 2021 / 06:40 WIB
Volume produksi nikel Vale Indonesia (INCO) kuartal II-2021 capai 15.048 metrik ton
ILUSTRASI. Tambang nikel milik Vale Indonesia (INCO)


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Vale Indonesia Tbk (INCO) melaporkan volume produksi 15.048 metrik ton (MT) nikel dalam matte pada kuartal II-2021. Volume produksi ini turun 1%  dari produksi di kuartal pertama 2021 yang capai 15.198 MT dan 20% lebih rendah dibandingkan volume produksi pada periode yang sama tahun lalu dengan 18.701 MT.

Berdasarkan keterangan perusahaan di Bursa Efek Indonesia, Senin (19/7), manajemen INCO mengungkapkan, penurunan produksi ini terutama disebabkan beberapa pemeliharaan terencana yang dilakukan di pabrik pengolahan.

Sementara itu, produksi sepanjang semester I-2021 tercatat sebesar 30.246 MT, lebih rendah 17% dibandingkan produksi pada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 36.315 MT nikel dalam matte.

Penurunan produksi sepanjang enam bulan pertama ini disebabkan aktivitas pemeliharaan yang tidak terencana dan kadar nikel yang lebih rendah pada kuartal I-2021.

“Perseroan mempertahankan target produksi pada level 64.000 ton, sebagaimana yang telah diumumkan sebelumnya,” tulis manajemen INCO.

Baca Juga: Harga nikel diprediksi solid hingga akhir tahun, simak rekomendasi saham berikut

Untuk diketahui, dua proyek pabrik pengolahan (smelter)  nikel  milik INCO terus bergulir.

Untuk proyek smelter Bahodopi, INCO bersama dua mitra kerja, yakni Taiyuan Iron & Steel (Grup) Co., Ltd (TISCO) dan Shandong Xinhai Technology Co., Ltd (Xinhai), telah menandatangani dokumen perjanjian kerangka kerjasama proyek untuk fasilitas pengolahan nikel Bahodopi, pada Kamis (27/6).

Ketiganya akan akan membentuk perusahaan patungan atau joint venture (JV Co) untuk membangun delapan lini pengolahan feronikel rotary kiln-electric furnace, dengan perkiraan produksi sebesar 73.000 metrik ton nikel per tahun beserta fasilitas pendukungnya.

Direktur Keuangan Vale Indonesia Bernardus Irmanto mengatakan, dalam enam bulan ke depan, Vale Indonesia dan mitra akan berusaha menyelesaikan semua persyaratan untuk mengambil keputusan investasi final atau final investment decision (FID).

“Waktu konstruksi maksimal 36 bulan dan semoga bisa lebih cepat,” tutur Bernadus saat dihubungi Kontan.co.id, akhir bulan lalu.

Sementara untuk proyek smelter Pomalaa, Bernardus bilang, INCO masih menyelesaikan semua key commercial term sheet sekaligus juga menyelesaikan technical feasibility study terkait mining dan High Pressure Acid Leach (HPAL).

“Ini negosiasi dua pihak, yakni PT Vale dan Sumitomo Metal Mining  (SMM). Jadi sangat dinamis. Kami sendiri mentargetkan semua (key commercial term sheet dan  technical feasibility study) bisa selesai awal tahun depan,” imbuh dia. 

 

Selanjutnya: Kemajuan proyek smelter memoles prospek Vale Indonesia (INCO)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×