Reporter: Emir Yanwardhana | Editor: Rizki Caturini
JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) menawarkan pelayanan mobile broadband (MBB) yang dirancang khusus kalangan UKM yaitu XL Biz. Chief Digital Services Officer XL, Joseph Lumban Gaol mengatakan, banyak pelaku UKM yang membutuhkan akses cepat internet untuk keberlangsungan bisnis mereka.
"Sekitar 20% pelaku UKM di Jabodetabek memiliki toko online sendiri untuk memasarkan produk dan layanannya," kata dia dalam rilis, Selasa (25/10).
Itu sebabnya, XL mencoba menangkap potensi dari pelaku UKM ini dengan menawarkan layanan yang sesuai dengan karakteristik UKM. Beroperasi di jaringan 4G LTE, XL Biz menawarkan harga paket layanan data yang kompetitif serta disertai dengan layanan yang relevan bagi segmen UKM.
Dengan layanan ini, masyarakat yang belum memiliki smartphone 4G pun akan bisa mengakses 4G, melalui Mi-Fi atau router yang bisa membagi akses ke 10-32 smartphone atau laptop.
Terkait dengan upaya memasarkan layanan MBB untuk kalangan bisnis UKM, XL membuka kesempatan kemitraan kepada masyarakat untuk menjadi mitra penjualan XL Biz. Syarat untuk menjadi mitra antara lain berupa berbentuk badan usaha, memiliki tim penjualan langsung, memiliki pengalaman direct sales, memiliki pengalaman menjual kartu kredit dan elektronik, serta memiliki akses ke kalangan UKM.
XL mentargetkan dalam memiliki mitra sebanyak 1000 mitra di tahun 2017 nanti. Hingga akhir tahun tersebut, XL menargetkan dapat melayani sejumlah 80.000 pelanggan UKM. Saat ini XL melayani lebih dari 44 juta pelanggan, termasuk di antaranya 24 juta pelanggan data. Khusus layanan XL 4G LTE, hingga saat ini telah menjangkau masyarakat di 88 kota di Indonesia dengan sekitar 8 juta pelanggan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News