Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu MPV legendaris yang sangat populer di masyarakat sejak tahun 2004 adalah Toyota Kijang Innova. Mobil berkonfigurasi 7 penumpang itu merupakan keturunan Kijang yang kelima, setelah pensiun generasi keempat alias Kijang Kapsul.
Bila diselisik lebih jauh lagi, Kijang Innova generasi awal meluncur sejak tahun 2004 sampai 2008 yang dikenal lewat grill model horizontal yang melintang pada fascia-nya.
Sementara Grand New Kijang Innova tahun 2009-2013 menggunakan gril horizontal, namun dengan bilah grill yang lebih banyak. Model ini juga telah mengusung mesin bensin Euro2 yang lebih efisian untuk mengelola bahan bakar.
Tidak berhenti sampai disitu, Grand New Kijang Innova 2013 mendapat penyegaran lewat girll yang berbentuk trapesium. Model ini menjadi facelift terkahir sebelum berganti ke Innova Reborn tahun 2015.
Baca Juga: Makin terjangkau! Harga Toyota Fortuner bekas mulai Rp 100 juta
Setidaknya, ada beberapa alasan mengapa mobil Kijang Innova masuk ke dalam pilihan MPV terbaik saat ini dan mampu mempertahankan eksistensinya selama 12 tahun.
Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, mengatakan hingga saat ini Kijang Innova memang merupakan salah satu mobil bekas yang selalu dicari oleh para konsumen.
Baca Juga: Bidik sedan? Mulai Rp 50 juta, simak deretan harga mobil bekas murah
“Kecendurang masyarakat memang mencari mobil yang kabinnya luas, dan terkenal bandel, makanya pilihan mereka jatuh kepada Toyota Innova. Apalagi generasi awal mobil ini sudah cukup murah harganya, terutama yang mesin bensin kisaran Rp 90 jutaan,” ujar Herjanto saat dihubungi Kompas.com, Selasa (13/10/2020).
Namun Herjanto mengatakan, untuk mobil bekas Toyota Kijang Innova diesel masih dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. "Kalau yang mesin diesel masih mahal harganya, generasi awal bisa bisa dikisaran harga Rp 150 juta," katanya.