kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

StoreSend eLogistic Indonesia menargetkan bisa jadi pemain penting di jasa e-logistik


Minggu, 15 April 2018 / 18:15 WIB
StoreSend eLogistic Indonesia menargetkan bisa jadi pemain penting di jasa e-logistik
ILUSTRASI. Peluncuran jasa e-logistik dari StoreSend eLogistic Indonesia


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. DNR Corporation bersama dengan Storesend Holding membentuk sebuah perusahaan penanaman modal asing (PMA) bernama StoreSend eLogistic Indonesia (SSI). Ini merupakan bisnis jasa e-logistic terintegrasi bagi pedagang online, toko online dan jasa pengiriman.

Co-Chief Marketing Officer SSI, Gary Tanoesoedibjo mengatakan, pihaknya sudah mencoba tes operasi mulai awal Desember tahun lalu. Meskipun secara legal SSI baru beroperasi minggu lalu.

Adapun mitra e-commerce yang sudah bekerja sama misalnya Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, Lazada, Blibli, Shopee dan lain sebagainya. Sedangkan mitra untuk jasa pengiriman misalnya ada PT Pos Indonesia, JNE dan lainnya.

"Belum banyak di Indonesia yang bisa seperti kami menjembatani e-commerce dan juga jasa pengiriman sampai ke konsumen," tutur Gary akhir pekan lalu.

Menurutnya kelebihan SSI yakni warehouse atau gudangnya punya sistem yang terintegrasi secara online. Kedua, akurasi pemesanan dan pengiriman produk yang mencapai 99,95%. Serta punya area distribusi yang luas karena tergabung dalam grup DNR.

Adapun komposisi saham DNR dalam perusahaan ini yakni 75% dan Storesend Holding sebesar 25%. SSI tidak menyebut nilai investasi yang dibenamkan. Hanya saja, Gary menjelaskan secara aset pada dasarnya DNR sudah memiliki yakni berbentuk warehouse atau gudang. "Kami akan menambah jaringan enam warehouse lagi di tahun ini di kota-kota yang punya koneksi antara konsumen dan e-commerce paling kuat," kata Gary.

Saat ini, SSI memiliki jangkauan sebanyak empat multiple warehouse yang terletak di Jakarta, Medan, Makassar dan Surabaya, serta didukung 39 warehouse DNR Corporation, 17 sub distributor branches, dan 42 affiliate warehouse yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu juga akses ke ASEAN juga tersedia dengan warehouse fulfillment center di Malaysia dan Singapura. Tahun ini juga rencananya StoreSend Holding akan membangun layanan warehouse di China.

Untuk target jangka panjang SSI untuk dapat memberikan layanan logistik hingga 400.000 layanan setiap harinya. Hingga saat ini transaksi yang terjadi baru menyentuh 1.000 transaksi per hari.

Rudy Tanoesoedibjo, Chairman DNR Corporation menjelaskan kepada pemilik brand bahwa pihaknya menawarkan multi point distribution center yang tersebar di seluruh Indonesia. "Ini akan menjadi solusi end-to-end yang efektif dan efisien dalam penyimpanan, inventori dan supply chain management yang terintegrasi menyeluruh," kata Rudy, Kamis (12/4).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×