: WIB    —   
indikator  I  

Telkomsel uji jaringan Surabaya-Malang

Telkomsel uji jaringan Surabaya-Malang

MALANG. Jelang Lebaran Telkomsel melakukan uji jaringan di beberapa wilayah di Indonesia. Kali ini giliran wilayah di Jawa Timur jadi tempat untuk pengujian sinyal, yaitu Surabaya dan Malang.

Menurut Ali Imran VP ICT Network Management Area 3 Telkomsel, pengujian jaringan ini lebih pada memeriksa live broadcast ketika berada di tempat wisata. Rutenya didasarkan pada rute pemudik di tahun-tahun sebelumnya.

"Ada yang baru di Jawa Tengah, beberapa exit tol juga secara fungsional dibuka. Ini yang terus kita antisipasi agar jaringan Telkomsel bisa melayani di jalur mudik," jelasnya.

Selain itu, saat ini jaringan 4G Telkomsel sudah ada 20% di jalur mudik di Jawa Tengah. Sedangkan di kecamatan-kecamatan di ibu kota, sebagian besar sudah dilayani 70% jalur kereta di utara, dan 40% jalur selatan.

Sementara itu Andrias Indra VP Network Operation Management Telkomsel mengaku drive test ini juga bertujuan untuk melihat di daerah mana Telkomsel mendominasi. "Tahun kemarin kami sudah meluncurkan 4G di wilayah ini. Jadi kami mau lihat kualitas jaringan di Surabaya, Malang, dan Bromo," lanjutnya.

Jalur ini dipilih karena akan ada tol baru di Surabaya - Malang. Selain itu, wilayah ini merupakan tujuan mudik selain Jawa Tengah. Bromo juga menjadi destinasi favorit setelah Lebaran.

Saat ini telah ada 150 kota broadband city Telkomsel di seluruh Indonesia. Menurut Network Quality Management Telkomsel Dedi Firdaus, untuk Lebaran, 80 kota sudah memiliki BTS dan 3G internet ready.

"Ada 137.000 BTS dan sekitar 70.000 sudah tersambung 4G. Baik itu Sumatera maupun Jawa, daerah-daerah asal dan tujuan mudik," lanjutnya.

 


Reporter Siti Maghfirah
Editor Rizki Caturini

TELEKOMUNIKASI

Feedback   ↑ x
Close [X]