kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45957,11   6,96   0.73%
  • EMAS989.000 9.409,62%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Akuisisi Perusahaan Real Estate, Pratama Abadi (PANI) Akan Menggelar Rights Issue


Minggu, 20 Februari 2022 / 06:20 WIB
Akuisisi Perusahaan Real Estate, Pratama Abadi (PANI) Akan Menggelar Rights Issue


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten produsen kemasan kaleng, PT Pratama Abadi Nusa Industri Tbk (PANI) berencana untuk mengakuisisi perusahaan di bidang real estate dengan nilai transaksi mencapai Rp 6,49 triliun. Latar belakang dari aksi korporasi ini diakui sebagai strategi perseroan dalam memanfaatkan peluang di bisnis properti.

Sejalan dengan bisnis pemegang saham yakni PT Multi Artha Pratama (MAP) yang merupakan perusahaan pengembang properti, PANI akan melakukan investasi dan pemekaran bisnis di bidang properti.

“Perseroan berencana untuk melakukan investasi dan pengembangan bisnis di bidang real estate dengan pertimbangan bahwa pertumbuhan pasar properti di Indonesia meningkat,” tulis manajemen PANI dalam keterbukaan informasi, yang dikutip Sabtu (19/2).

PANI memandang perlu melakukan penambahan kegiatan usaha di bidang properti seiring dengan pertumbuhan ekonomi, bertambahnya jumlah penduduk, meningkatnya daya beli masyarakat, dan peran serta Pemerintah yang sangat mendukung pertumbuhan industri properti dengan mengeluarkan berbagai insentif dan stimulus.

Baca Juga: Cisadane Sawit Raya (CSRA) Yakin Bisa Catatkan Kinerja Positif pada Tahun Ini

PANI yang merupakan bagian dari Agung Sedayu Group akan mengambil alih 51% saham PT Bangun Kosambi Sukses (BKS) senilai Rp 6,49 triliun. Kemudian, BKS juga bakal mengakuisisi 51% saham PT Mega Andalan Sukses (MAS) senilai Rp 4,699 triliun dan PT Cahaya Gemilang Indah Cemerlang (CGIC) senilai Rp 1,799 triliun.

Transaksi afiliasi ini diperkirakan memakan dana mencapai Rp 6,49 triliun. Dana tersebut melebihi dari nilai ekuitas PANI per 8 Februari 2022 yang hanya sebesar Rp 41,89 miliar.

Dengan demikian, PANI akan melakukan PMHMETD I alias rights issue kepada para pemegang saham dengan menerbitkan saham baru sebanyak-banyaknya 13.120.000.000 saham baru atau mewakili 96,97 persen dengan nominal sebesar Rp 100 per saham, guna mendukung pelaksanaan rencana transaksi akuisisi BKS, MAS, dan CGIC.

Dengan dilakukannya investasi dan pengembangan bisnis di bidang real estat, maka PANI akan memperoleh sumber pendapatan lainnya yang mendukung pertumbuhan pendapatan, profitabilitas dan prospek usaha Perseroan ke depannya.

Baca Juga: Alam Sutera Realty (ASRI) kejar Marketing Sales Rp 3,4 Triliun pada Tahun Ini

Hal tersebut diharapkan PANI dapat memberikan manfaat dan nilai tambah bagi Perseroan, pemegang saham dan pemangku kepentingan.

Sebagai informasi, PT Pratama Abadi Nusa Industri Tbk (PANI) merupakan perusahaan terbuka yang mempunyai kegiatan usaha yang bergerak di bidang industri kemasan kaleng serta mempunyai anak perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan hasil perikanan dan jasa pembekuan/penyimpanan di kamar pendingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×