kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AP3I beberkan sulitnya membangun smelter di tengah pandemi Covid-19


Minggu, 28 Juni 2020 / 20:02 WIB
AP3I beberkan sulitnya membangun smelter di tengah pandemi Covid-19
ILUSTRASI. Smelter nikel PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) di Konawe, Sulawesi Tenggara,


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Perusahaan Industri Pengolahan dan Pemurnian Indonesia (AP3I) mengungkapkan pandemi Covid-19 berdampak signifikan terhadap industri smelter dalam negeri. Tak hanya bagi smelter yang telah beroperasi, pandemi pun menyulitkan proyek pembangunan smelter yang sedang berjalan.

Ketua Umum AP3I Prihadi Santoso mengatakan banyak proyek smelter yang tertunda pengerjaannya. Sehingga kemunduran jadwal operasional menjadi suatu keniscayaan di masa pandemi ini.

Tak hanya dari sisi ketersediaan dana, ketersediaan barang dan tenaga ahli juga menjadi tantangan yang sangat serius.

Baca Juga: Meleset, Kementerian ESDM hanya targetkan 2 smelter baru yang beroperasi tahun ini

Prihadi bilang, pasokan alat yang dipesan dari luar negeri tertunda pengirimannya. Begitu pun dengan tenaga ahli yang belum bisa didatangkan.

"Bahkan lintas tenaga kerja antara kabupaten atau provinsi pun sulit. Hal ini mengakibatkan beberapa proyek pembangunan smelter tertunda," katanya kepada Kontan.co.id, Minggu (28/6).

Tak hanya itu, Prihadi menyebut bahwa faktor eksternal seperti kestabilan ekonomi global, pasar dan harga komoditas juga sangat menentukan.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, adanya penyesuaian target dan jadwal operasional dalam beberapa tahun ke depan juga menjadi suatu keniscayaan yang tak terhindarkan.

"Penyesuaian pasti akan terjadi. Juga untuk menyesuaikan dengan demand dan supply mineral yang dibutuhkan pasar," sambung Prihadi.

Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM Yunus Saefulhak juga mengamini covid-19 sangat berpengaruh terhadap pengerjaan proyek smelter dan membuatnya menjadi terhambat.

Baca Juga: Pengembangan empat smelter tak jelas, pemerintah rombak target capaian 2022




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×