kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Astra International (ASII) pertahankan pangsa pasar 51% di sepanjang 2020


Rabu, 19 Februari 2020 / 18:26 WIB
Astra International (ASII) pertahankan pangsa pasar 51% di sepanjang 2020


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra International Tbk (ASII) menjaga pangsa pasar (market share) otomotif di kisaran 51% sepanjang 2020. Meski, pada tahun 2019 lalu, perolehan pangsa pasarnya naik menjadi 52%.

Direktur Astra International, Gideon Hasan mengungkapkan tahun lalu market share Astra tumbuh. "Dari sebelumnya 51% menjadi 52%  di sepanjang 2019," jelas Direktur Astra International, Gideon Hasan saat ditemui Kontan di acara Astra Autofest, Tangerang, Rabu (19/2).

Baca Juga: Astra International (ASII) incar 2.000 SPK di Astra Autofest 2020

Direktur Astra Suparno Djasmin mengakui tahun ini meski kondisi politik sudah lebih baik, tetap saja industri otomotif masih cukup menantang.

"Di tahun lalu orang cenderung menunda beli mobil karena melihat dari keadaan tidak hanya dari dalam negeri, tapi juga global," jelasnya.

Adapun di tahun ini, persoalannya lebih condong ke faktor kondisi global. Suparno berharap kondisi akibat wabah virus Corona yang mengancam perlambatan ekonomi, bisa secepatnya pulih sehingga bisa lebih baik dari tahun lalu.

Oleh karenanya, Astra melaksanakan kegiatan Astra Autofest dengan harapan industri otomotif bisa tumbuh kembali.

Baca Juga: Mulai dari bunga 0%, simak deretan promo menarik di Astra Autofest 2020

Bagi Agen Pemegang Merek (APM) Toyota, PT Toyota Astra Motor (TAM) berharap sepanjang tahun ini market share-nya bisa dijaga dan kalau bisa ditingkatkan.

Melansir catatan Kontan.co.id sebelumnya, di tahun 2019 volume penjualan mobil Toyota mencapai 333.222 unit, menguasai pangsa pasar 30% dari market mobil nasional.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi menyatakan kendati diharapkan naik, Anton tidak menampik bisa saja ada penurunan market share, "Tapi kami yakin volume penjualan bisa naik karena produk masih cukup bersaing," jelasnya.

Anton bilang strategi di tahun ini untuk meningkatkan minat beli, Toyota telah menyiapkan promosi untuk free service dengan ketentuan dan syarat yang berlaku.

Anton mengakui di sepanjang di 2019  mobil 7 seater masih menjadi favorit karena mendominasi penjualan mobil MPV maupun SUV. Nah tren permintaan mobil SUV diakui Anton akan terus berlanjut hingga tahun ini karena dari tahun ke tahun tercatat penjualan yang tumbuh signifikan.

Baca Juga: Rayakan hari jadi ke-63, Astra International (ASII) selenggarakan Astra Autofest

Adapun bagi Agen Pemegang Merek Daihatsu, di awal tahun ini membidik penjualan mobil hingga 300 unit mobil dengan memanfaatkan perhelatan Astra Autofest 2020.

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra menjelaskan di acara Autofest 2019 yang diselenggarakan pada November 2019, Daihatsu menargetkan bisa menjual 300 unit mobil, ternyata tercapai hingga 500 unit.

"Kalau di tahun lalu meski acaranya hanya 3 hari, dilaksanakan di akhir tahun atau November sehingga target bisa terlampaui," ujarnya.

Nah, di acara tahun ini Daihatsu masih memasang target konservatif, yakni 300 unit mobil bisa terjual dalam rangkaian acara Astra Autofest karena dilaksanakan di awal tahun yang notabene seasonal turun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×