kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bahlil: Smelter Tembaga Gresik Perkuat Ekosistem Baterai Listrik di Indonesia


Jumat, 28 Juni 2024 / 20:41 WIB
Bahlil: Smelter Tembaga Gresik Perkuat Ekosistem Baterai Listrik di Indonesia
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Investasi Bahlil Lahadalia (tengah) menyimak penjelasan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas saat meninjau area Smelter Freeport di Kawasan Industri JIIPE, Gresik, Jawa Timur (27/6/2024). 


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut smelter tembaga yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) akan semakin memperkuat ekosistem baterai listrik di Indonesia.

Hal ini disampaikan Bahlil dalam peresmian proyek smelter PT Freeport Indonesia di kawasan Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE), Manyar, Gresik, Jawa Timur, pada Kamis (27/6).

Bahlil menyampaikan bahwa hilirisasi tembaga merupakan langkah penting dalam mendukung ekosistem baterai listrik.

“Kami berpikir bahwa hilirisasi copper (tembaga) ini adalah bagian dari instrumen untuk bahan-bahan baku untuk baterai. Copper foil itu kan untuk membungkus baterai,” tutur Bahlil, mengutip keterangan tertulisnya Kamis (27/6).

Bahlil juga menambahkan pentingnya tembaga dalam industri mobil listrik. Sehingga, jika ekosistemnya sudah masuk, maka Indonesia menjadi salah satu negara yang punya komponen bahan baku baterai listrik yang komplit.

Baca Juga: Sempat Molor dan Kena Denda, Smelter Tembaga Freeport Kini Masuk Tahap Operasi

Dalam kesempatan tersebut, Bahlil juga bercerita tentang tantangan yang dihadapi dalam mewujudkan smelter tersebut.

“Hari ini saya berbahagia dan bersyukur karena ini perjalanan panjang. Saya tahu betul membangun smelter ini tidak gampang, sempat mau digeser, dinamikanya minta ampun. Pada 2021, saat kita putuskan segera membangun, ada Covid-19. Namun hari ini kita bisa sama-sama menyaksikan smelter ini,” ungkapnya.

Senada dengan Bahlil, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut pembangunan smelter ini sangat tepat waktu karena saat ini dunia sedang berada dalam tren pemakaian energi terbarukan.

“Tentu hilirisasinya (tembaga), menjadi penting, terutama untuk industri di power generation (pembangkit listrik), kemudian juga di electric mobility (mobilitas elektrik), perubahan pada internal combustion engine (mesin pembakaran dalam) ke electric vehicle (kendaraan listrik),” ujar Airlangga.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas berharap, smelter ini bisa memproduksi pada sekitar bulan Agustus 2024.

“Sebelum kami mulai beroperasi memerlukan waktu 6-7 minggu untuk memanasi terlebih dahulu baru kalau memasukkan konsentratnya. Jadi diperkirakan dapat memproduksi pertama di pertengahan Agustus, semoga dapat dilakukan sebelum atau dalam rangka HUT RI,” kata Tony.

Untuk diketahui, smelter PT Freeport Indonesia dirancang untuk memurnikan 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun, dan bersama dengan smelter yang dioperasikan PT Smelting, total kapasitas pemurnian mencapai 3 juta ton per tahun.

Baca Juga: Smelter Gresik Rampung, Pemerintah Beri Sinyal Perpanjang IUPK Freeport

Smelter ini akan menghasilkan sekitar 1 juta ton katoda tembaga, 50 ton emas, dan 200 ton perak per tahun. Nilai investasi kumulatif untuk proyek yang menempati lahan 100 hektar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE ini telah mencapai Rp 55 triliun atau sekitar US$ 3,67 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×