kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Begini respons Rhenald Kasali terkait pengembangan bisnis Garuda Indonesia


Kamis, 04 Juli 2019 / 13:13 WIB
Begini respons Rhenald Kasali terkait pengembangan bisnis Garuda Indonesia


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Beberapa hari terakhir, maskapai nasional PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) disorot terkait sejumlah isu. Menanggapi hal tersebut, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Rhenald Kasali menyatakan, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan terkait Garuda Indonesia.

"Kalau soal Garuda, kita harus bicara dengan kepala dingin. Sebab jangan-jangan banyak yang salah dan gagal paham dalam banyak hal," kata Guru Besar Ilmu Manajemen UI Rhenald Kasali dalam siaran pers, Kamis (4/7).

Rhenald mengatakan maskapai saat ini memang tak bisa lagi mencari untung dengan mengandalkan penjualan tiket. Semua perusahaan harus berubah ke arah super app karena eranya digital. Apalagi, maskapai memiliki risiko besar dan investasi yang besar pula sehingga sulit meraih untung.

"Bisnis airline memang tak bisa lagi hidup dari pendapatan tiket, sama seperti suratkabar tak bisa lagi hidup dari jualan koran. Semua bisnis sudah berpindah ke super-apps karena ini eranya mobilisasi," kata Rhenald.

Untuk meraih untung, kata Rhenald, Garuda Indonesia mencari sumber lain dari network effect, seperti mendapat kontrak dari Mahata Group soal pengadaan wifi di pesawat. Sayangnya, hal ini masih banyak diributkan karena model bisnis dan cara pembayarannya yang baru.

"Cari-cari sumber lain itu sebenarnya yang dilakukan Ari Askhara. Nah, ini yang ramai saat dia dapat kontrak dari Mahata, debatable tentang sesuatu yang baru. Ya wajar saja kan. GOJEK saja dulu diributkan waktu masuk menjadi sharing ride. Orang tak kenal model business-nya. Wajar saja," jelas Rhenald. (Fika Nurul Ulya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rhenald Kasali : Maskapai Tak Cuma Bisa Andalkan Penjualan Tiket", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×