kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berlakukan protokol covid-19, PLTGU Jawa-1 tetap beroperasi di tengah PSBB Karawang


Senin, 11 Mei 2020 / 15:05 WIB
Berlakukan protokol covid-19, PLTGU Jawa-1 tetap beroperasi di tengah PSBB Karawang


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rabu pekan (6/5) lalu, Pemerintah Kabupaten Karawang resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Upaya ini untuk mencegah peningkatan kasus penularan Covid-19 di Karawang.

Di tengah pemberlakuan PSBB tersebut, mega proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa-1 tetap melanjutkan aktivitas konstruksinya.

Berdasarkan Peraturan Bupati Karawang Nomor 28 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB dalam Penanganan Covid-19 di Kabupaten Karawang, aktivitas konstruksi termasuk kegiatan yang dikecualikan dalam penghentian sementara aktivitas bekerja di tempat kerja.

Baca Juga: PLTGU Jawa 2 manfaatkan teknologi ramah lingkungan

Manajer Hubungan Eksternal PT Jawa Satu Power (JSP) Tig Djulianto mengatakan, meski mendapat pengecualian dalam bekerja, manajemen JSP dan kontraktor pelaksana proyek tetap melakukan pembatasan interaksi dalam aktivitas kerja dan menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 di tempat kerja.

Selanjutnya, Tig menambahkan, dalam operasional proyek selama PSBB berlangsung, JSP dan seluruh kontraktor senantiasa melakukan koordinasi dengan jajaran Muspida dan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Karawang. "Kami berupaya semaksimal mungkin mematuhi dan melaksanakan aturan terkait pelaksanaan PSBB di Karawang," kata Tig dalam keterangannya, Senin (11/5).

Tig berharap, proyek pembangunan PLTGU Jawa-1 tetap bisa memberi manfaat secara ekonomi bagi masyarakat sekitar di tengah pemberlakuan PSBB. Pada masa konstruksi, penyerapan tenaga kerja pada proyek ini mencapai 4.600 orang. "Dalam menghadapi penyebaran Covid-19, JSP juga terus melakukan inisiasi pencegahan ke masyarakat," ujarnya.

Selain turut melakukan kegiatan edukasi pencegahan, JSP juga melakukan beberapa aksi sosial seperti pembagian masker gratis buat masyarakat. "Kami meyakini, upaya penanganan penyebaran virus Covid-19 ini harus menjadi perhatian semua pihak, tak hanya pemerintah," kata Tig.

Baca Juga: Proyek IPP Jawa-1 capai 58%, Pertamina Power Indonesia siap sokong kebutuhan internal




TERBARU

[X]
×