kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.499.000   -40.000   -2,60%
  • USD/IDR 15.935   -60,00   -0,38%
  • IDX 7.246   -68,22   -0,93%
  • KOMPAS100 1.110   -11,46   -1,02%
  • LQ45 880   -11,76   -1,32%
  • ISSI 222   -0,92   -0,41%
  • IDX30 452   -6,77   -1,48%
  • IDXHIDIV20 545   -7,80   -1,41%
  • IDX80 127   -1,32   -1,03%
  • IDXV30 136   -1,06   -0,77%
  • IDXQ30 150   -2,29   -1,50%

BPTJ target bangun 4 kawasan TOD dalam dua tahun


Jumat, 20 April 2018 / 16:56 WIB
BPTJ target bangun 4 kawasan TOD dalam dua tahun
ILUSTRASI. TOD Podomoro Golf View Depok


Reporter: Tane Hadiyantono | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengejar pembangunan kawasan hunian berkonsep Transit Oriented Development (TOD). Dalam dua tahun ke depan, ada empat kawasan yang direncanakan bakal sepenuhnya menggunakan pembiayaan swasta.

BPTJ menargetkan pembangunan empat kawasan berorientasi TOD di kawasan Jabodetabek, yaitu Terminal Poris Plawad Tangerang, Baranangsiang Bogor, Jatijajar Depok serta Pondok cabe di Tangerang Selatan.

Adapun, perkembangan pembangunan kawasan Terminal Poris Plawad sedang dalam proses tender yang diperkirakan bakal diumumkan pada akhir Juni. Kemudian kawasan Baranangsiang dalam proses kajian desain, sedangkan kawasan Pondok Cabe dan Jatijajar dalam proses pemindahan aset.

Menurut Kepala BPTJ Bambang Prihartono, pemerintah memiliki keterbatasan terutama dalam hal pendanaan untuk merealisasikan program TOD di Jabodetabek, untuk itu peran swasta menjadi sangat penting.

"Kawasan hunian yang dibangun para pengembang selama ini banyak yang tidak didukung oleh sistem jaringan transportasi publik sehingga menimbulkan kesemrawutan lalu-lintas," kata Bambang dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (20/4).

Ia melanjutkan, sekarang sudah bukan masanya lagi mengembangkan kawasan hunian yang mengandalkan angkutan pribadi untuk menopang mobilitas penghuninya, sebaliknya skema pengembangan kawasan harus berbasis TOD.

Adapun pembangunan kawasan dengan konsep TOD memiliki syarat utama ketersediaan transportasi angkutan umum massal. Termasuk juga ketersediaan jalur pejalan kaki dan jalur sepeda untuk mencapai tujuan moda transportasi dari hunian warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×