kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,49   5,85   0.63%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cahayaputra Asa Keramik (CAKK) berencana perluas pasar ke luar Jawa


Minggu, 12 Mei 2019 / 16:20 WIB
Cahayaputra Asa Keramik (CAKK) berencana perluas pasar ke luar Jawa


Reporter: Kenia Intan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK) berencana perluas pasar ke luar Jawa. Melalui 'Kaisar', produk keramik CAKK, mereka akan perkuat pasar di Sumatra.

"CAKK berusaha meningkatkan penjualan melalui distributornya ke pasar-pasar di wilayah selain pulau Jawa," kata Direktur Perusahaan Cahayaputra Asa Keramik Juli Berliana ketika dihubungi Kontan.co.id, Jumat (11/5).

Sejauh ini, pasar Kaisar yang paling besar selain di pulau Jawa adalah pulau Sumatra. Juli memaparkan, persentase permintaan Kaisar di Sumatra bisa mencapai 15% hingga 18% dari total permintaan.

Sementara itu, menurut data yang dihimpun Kontan.co.id CAKK juga mengincar pasar Indonesia bagian timur. Menurut mereka, pasar Indonesia timur merespons positif terhadap produk CAKK.

Sejauh ini pemasaran terbesar CAKK masih melalui distributor. Adapun CAKK berkerjasama dengan PT Marissi Idola Sumber Sejahtera dan PT Rhinoputrajaya Sejahtera sebagai distributor mereka.

"Kami juga berusaha semaksimal mungkin untuk menembus pasar retail melalui jalur modern market," jelas Juli lagi.

Juli optimistis pasar ke depannya akan membaik jika kondisi politik dan ekonomi Indonesia juga membaik. Ia menjelaskan lebih lanjut bahwa di kuartal tiga nanti CAKK akan melakukan penyesuaian harga.

Perubahan harga ini menyesuaikan dengan kondisi pasar. Asal tahu saja, terakhir kali CAKK melakukan penyesuaian harga di akhir tahun 2018. " Kami berharap setiap produk yang kami produksi bisa diterima pasar dan selama ini respons pasar cukup baik," katanya.

Sepanjang tahun 2018, lebih dari 75 agen penjual tersebar di luar pulau Jawa. Di Sumatrra terdapat lebih dari 40 agen penjual, di Kalimantan dan Sulawesi masing-masing 15 agen penjual.

Sementara di Bali dan Lombok setidaknya ada 5 agen penjualan. Selain itu, produk CAKK juga terlibat di 8 proyek yang tersebar di Jawa, Bali dan Lombok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×