kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Cahayaputra Asa Keramik (CAKK) prediksi penjualannya turun 40% saat Lebaran


Minggu, 12 Mei 2019 / 16:30 WIB
Cahayaputra Asa Keramik (CAKK) prediksi penjualannya turun 40% saat Lebaran

Reporter: Kenia Intan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Di tengah geliat bisnis yang menguat ketika momentum Lebaran, produsen keramik PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK) justru memprediksikan sebaliknya.

"Penurunan penjualan bisa mencapai 30% hingga 40%," kata Direktur Cahayaputra Asa Keramik Juli Berliana ketika dihubungi Kontan.co.id, Jumat (11/5).


Juli memastikan penurunan penjualan terkendala keterbatasan angkutan untuk menyalurkan produknya. Produsen keramik merek Kaisar itu mengatakan, penurunan terjadi mengikuti masa cuti bersama yang ditentukan oleh pemerintah.

Adapun masa cuti bersama yang ditetapkan berlangsung pada 3, 4, dan 7 Juni. Sementara tanggal 5 dan 6 ditetapkan sebagai hari raya Lebaran.

Sejauh ini penjualan CAKK masih menyasar pasar domestik khususnya pulau Jawa. Mereka mulai menyasar pasar-pasar lain di luar pulau Jawa seperti di daerah timur Indonesia.

Sementara ini, pasar setelah pulau Jawa yang cukup besar adalah Sumatra, bisa mencapai 18% dari total permintaan.

Sebagai gambaran, pendapatan CAKK di sepanjang tahun 2018 naik 29,51% dibandingkan tahun sebelumnya, menjadi Rp 274,48 miliar. Sementara laba bersihnya meningkat drastis 524,41% menjadi Rp 13,3 miliar.




TERBARU

Close [X]
×