kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Bos Ninja Express gairahkan ekonomi masyarakat sekitar di tengah pandemi


Jumat, 03 September 2021 / 21:51 WIB
Cara Bos Ninja Express gairahkan ekonomi masyarakat sekitar di tengah pandemi
ILUSTRASI. Bos Ninja Express Ardhianto Hartono (kanan)


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO. JAKARTA. Memiliki sebuah usaha ekpedisi yang cukup sukses rupanya tidak membuat Ardhianto Hartono lupa akan lingkungan sekitarnya, bos Ninja Express yang usahanya kian melesat walaupun di masa pandemi ini juga rupanya memiliki perhatian terhadap orang-orang terdampak pandemi yang ada di sekitarnya.

Oleh karenanya, dalam bisnis tas dan suvenir yang ia mulai bersama istrinya sejak November tahun lalu, ia lebih banyak memperkerjakan tetangga di sekitarnya. 

“Saya memilih tetangga saya untuk usaha UMKM saya dengan tujuan menghidupkan ekonomi sekitar kita dulu, karena saya melihat banyak tetangga saya yang terdampak pandemi ini, selain itu juga dapat saling mempererat keakraban dengan lingkungan sekitar," ujarnya dalam keterangannya, Jumat (3/9).

Ardhianto menceritakan bisnisnya tersebut diawali dengan kesukaan istrinya pada tas dan suvenir yang unik dan lucu, dari situ ia mencoba untuk memproduksi sendiri tas dan suvenir. Hingga kini ia telah memiliki kapasitas produksi hingga 60.000 dalam setiap bulannya.

Baca Juga: Ini yang bikin investasi di sektor logistik kian menarik

“Untuk karyawan sendiri sekarang kami memperkerjakan sekitar 70 orang yang sebagian besar berasal dari tetangga sekitar, sedangkan untuk pemasaran menggunakan layanan media sosial yang cukup terbukti ampuh untuk menggenjot pesanan produk kami,” ujarnya.

Meskipun Ardhianto masih belum memberi nama atau brand pada produk hasil produksinya dikarenakan menurutnya masih banyak pesanan yang merupakan custom dari segi model ataupun bahannya, namun hasil produksi dari pasangan suami istri ini sukses didistribusikan hingga berbagai kota di Indonesia.

Terkait dengan pandemi yang belum berakhir, rupanya bisnis tas dan suvenir milik Ardhianto ini rupanya sebelas dua belas dengan bisnis ekspedisinya, yang sama sama tidak terdampak dengan pandemi yang masih berkepanjangan ini.

Baca Juga: Praktisi hukum menilai merger Gojek-Tokopedia tidak menimbulkan monopoli

Pemilik akun instagram @ardhianto_ph ini berharap costumer-nya yang pernah melakukan order tas ataupun suvenir produksinya agar dapat melakukan pembelian kembali atau repeat order, karena ia menjamin kualitas produk yang ia produksi tidaklah murahan walaupun harganya terjangkau.

“Untuk ke depannya saya ingin memperluas penjualan hingga ke seluruh Indonesia, dan ingin juga hingga bisa mengekspor keluar negeri, saya juga memiliki mimpi untuk membuat mini market UMKM, dimana di dalamnya akan terisi produk produk hasil UMKM dan bermacam macam hasil kerajinan nusantara,” tutupnya.

Selanjutnya: JNA Express implementasikan teknologi terkini dalam jasa pengiriman logistik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×