kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, pendaftaran mudik gratis Kemenhub mulai 23 Maret


Jumat, 13 Maret 2020 / 17:56 WIB
Catat, pendaftaran mudik gratis Kemenhub mulai 23 Maret
ILUSTRASI. Sejumlah warga mendatangi posko Mudik Gratis yang sudah tutup masa pendaftaran di kantor Dishub Kota Tangerang Selatan, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (7/6). Panitia mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan yang membuka posko di


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat kembali mengadakan mudik gratis lebaran 2020 ke 37 kota di Indonesia.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, mudik gratis lebaran tahun 2020 bakal menggunakan 2 moda, yaitu moda bus dan kapal laut.

Tahun ini, pemerintah melalui Kemenhub telah menyediakan 1.317 unit bus dengan kapasitas 59.265 peserta. Untuk mengangkut sepeda motor, pemerintah telah menyiapkan 111 truk yang mengangkut 4.995 unit sepeda motor.

"Pembukaan pendaftaran akan dimulai tanggal 23 Maret 2020 secara online," kata Budi di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Baca Juga: Askrindo targetkan akan berangkatkan 1.400 orang untuk mudik gratis tahun ini

Budi menyebut, moda transportasi yang disiapkan untuk angkutan mudik gratis 2020 mengalami peningkatan dibanding tahun 2019.

Selain peningkatan anggaran dari Rp 32 miliar menjadi Rp 34 miliar, penyediaan bus juga meningkat 6 persen, kapasitas penumpang meningkat 9 persen, dan penyediaan truk meningkat 27 persen, dari sebelumnya 81 truk menjadi 111 truk.

"Sebagaimana arahan Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi), Pak Menhub selalu sampaikan kepada Dirjen agar sebanyak-banyaknya mengajak masyarakat yang kecenderungannya naik sepeda motor untuk shifting ke kendaraan bus, kapal laut, dan truk (pengangkut motor)," ungkap Budi.

Adapun 37 kota tujuan pada lebaran 2020 merupakan pelebaran dari sebelumnya hanya 35 kota tujuan. Kota tujuan tersebut terdiri dari Jakarta dan Jabodetabek ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera.

 Lebih rinci, dari Jakarta ke Jawa Barat meliputi Cirebon, Tasikmalaya, dan Kuningan. Jakarta ke Jawa Tengah meliputi Tegal, Pemalang, Pekalongan, dan 20 kota lainnya.

Baca Juga: Persiapan mudik lebaran, Kemenhub uji petik kelaiklautan kapal penumpang

Kemudian, dari Jakarta ke Sumatera meliputi Lampung, Palembang, dan Padang. Terakhir, dari Jakarta ke Jawa Timur meliputi Tuban, Madiun, Kediri, Pacitan, dan Surabaya.

"Tahun ini kita juga sediakan mudik gratis dari Bali ke Yogyakarta ada 10 unit (bus) dan Bali ke Surabaya. Saya mengajak warga Jateng dan Jatim yang berdomisili di Bali atau kerja di Bali kita siapkan mudik gratis," pungkasnya. (Fika Nurul Ulya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siap-Siap, Kemenhub Gelar Mudik Gratis, Pendaftaran Dibuka Mulai 23 Maret",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×