kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45918,06   -1,45   -0.16%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Chevrolet Ramaikan Pasar Sedan di Bawah 2. 000 cc


Senin, 15 Maret 2010 / 19:22 WIB
Chevrolet Ramaikan Pasar Sedan di Bawah 2. 000 cc


Reporter: Nadia Citra Surya | Editor: Havid Vebri


JAKARTA. PT General Motors AutoWorld Indonesia (GMAI), agen tunggal pemegang merek (ATPM) Chevrolet di Indonesia meluncurkan All-new Chevrolet Cruze, Senin (15/3). Masuknya, All-new Chevrolet Cruze ini kian meramaikan pasar sedan di bawah 2.000 cc.

Sebelumnya, pasar sedan di segmen ini sudah diramaikan dengan persaingan Honda All New Civic dan Toyota All New Corolla Altis. GMAI hakul yakin sedan baru besutannya itu bakal memimpin pasar sedan di kelasnya.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menggolongkan Cruze dalam segmen small class sedan. Itu jika dilihat dari kapasitas mesin yang diusungnya yang bertenaga 1.800 cc. Meski begitu, jika dilihat dari segi harga, Cruze lebih bisa disejajarkan dengan sedan-sedan level medium.

Chevrolet Cruze ini tersedia dalam dua varian pilihan. Yakni, transmisi manual 5-kecepatan, dan transmisi otomatis GM Tiptronik 6-kecepatan (satu-satunya di kelasnya). Masing-masing dibanderol dengan harga Rp 309 juta dan Rp 335 juta on the-road Jakarta.

Sebagai pendatang baru, GMAI masih mengakui dominasi para pemain pendahulu di segmen sedan tersebut. "Hingga akhir tahun 2010 ini kami targetkan terjual 200 hingga 250 unit," kata Mukiat Sutikno, Managing Director GMAI saat peluncuran Chevrolet Cruze (15/3).

Mukiat mengakui, pasar yang diperebutkan sangat sempit. "Sedang segmen ini mungkin hanya sekitar 1% dari total pasar mobil di tanah air," imbuhnya.

Meski begitu, Mukiat optimistis Cruzemampu mencuil pasar yang sempit tersebut. Menurutnya, GMAI akan menggeber penjualan Cruze yang tergolong laris di seluruh dunia.

"Hasil penjualan semenjak launching global (Oktober 2008) mencapai 128.485 unit di seluruh dunia," kata Debora Amelia Santoso, Marketing dan Public Relation Director PT GMAI.

Januari lalu mobil ini sudah terjual 24.411 unit, dengan kontribusi terbesar dari China sebesar 17.030 unit. Penjualan Cruze di seluruh dunia sampai akhir tahun ini ditargetkan bisa mencapai 332.167 unit.

Dengan kehadiran Cruze, tahun ini GMAI optimistis penjualannya bisa menembus 3.500 unit atau naik 30,69% dari penjualan tahun lalu yang tercatat sebesar 2.678 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×