kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Daihatsu mencatat kenaikan pangsa pasar di sembilan bulan pertama tahun ini


Jumat, 16 Oktober 2020 / 08:14 WIB
Daihatsu mencatat kenaikan pangsa pasar di sembilan bulan pertama tahun ini
ILUSTRASI. Penguasaan pasar Daihatsu untuk penjualan wholesales mencapai 18,6% dari total wholesales nasional.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar otomotif nasional masih belum menunjukkan kenaikan yang signifikan hingga September 2020. Meski begitu, Daihatsu berhasil mencatatkan kenaikan pangsa pasar di tengah kelesuan pasar yang ada.

Tercatat, penjualan kumulatif Daihatsu dari pabrikan ke diler (wholesales) di sepanjang Januari-September 2020 mencapai 69.182 unit, sementara penjualan dari diler ke konsumen atau penjualan ritel Daihatsu mencapai 73.488 unit di periode yang sama.

Dengan capaian itu, penguasaan pasar alias market share Daihatsu untuk penjualan wholesales mencapai 18,6% dari total wholesales nasional yang sebesar 372.046 unit. Pangksa pasar penjualan ritel Daihatsu mencapai 18% dari total penjualan ritel nasional yang mencapai 407.380 unit.

Perolehan market share Daihatsu selama Januari-September 2020 lebih tinggi bila dibandingkan perolehan pangsa pasar Daihatsu pada periode sama tahun lalu. Asal tahu saja, market share Daihatsu hanya mencapai 17,6% untuk wholesales dan 16,8% untuk penjualan ritel pada Januari-September 2019 lalu.

Baca Juga: Pasar belum pulih, ini cara Astra International (ASII) mendongkrak penjualan mobil

Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, pihaknya mensyukuri hasil penjualan Daihatsu di sembilan pertama yang dinilai positif. “Kami berharap kondisi penjualan ini dan daya beli dapat terus membaik di tengah kegiatan masyarakat yang masih beraktivitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Hendrayadi dalam siaran pers, Kamis (15/10).

Pangsa pasar yang melebar tidak terlepas dari performa penjualan Daihatsu di bulan September 2020. Secara bulanan, wholesales Daihatsu meningkat menjadi 11.204 unit pada September 2020, naik sekitar 68% dari yang realisasi wholesales Agustus 2020 yang tercatat sebesar 6.651 unit.

Baca Juga: Siap-siap! Daihatsu Dress Up e-Challenge (DDeC) kembali hadir secara virtual

Kenaikan penjualan secara bulanan juga dijumpai pada penjualan ritel. Tercatat, penjualan ritel Daihatsu tumbuh 23% secara bulanan dari semula  6.300 unit di bulan Agustus 2020 menjadi 7.721 unit di September 2020.

Sampai September 2020 lalu, Astra Daihatsu Sigra masih menjadi model dengan sumbangan terbesar dengan angka penjualan sebesar 19.918 unit  atau setara 27,1% dari total penjualan ritel Daihatsu di sepanjang Januari-September 2020. Sementara itu, posisi kedua dan ketiga sebagai model dengan kontribusi penjualan ritel terbesar Daihatsu diisi oleh  Gran Max Pick-Up yang  terjual 16.231 unit (22,1%), dan Terios yang terjual 10.888 unit (14,8%).

Baca Juga: Intip deretan harga mobil bekas murah jenis hatchback Rp 50 jutaan per Oktober 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×