Reporter: Muhammad Julian | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar otomotif nasional masih belum menunjukkan kenaikan yang signifikan hingga September 2020. Meski begitu, Daihatsu berhasil mencatatkan kenaikan pangsa pasar di tengah kelesuan pasar yang ada.
Tercatat, penjualan kumulatif Daihatsu dari pabrikan ke diler (wholesales) di sepanjang Januari-September 2020 mencapai 69.182 unit, sementara penjualan dari diler ke konsumen atau penjualan ritel Daihatsu mencapai 73.488 unit di periode yang sama.
Dengan capaian itu, penguasaan pasar alias market share Daihatsu untuk penjualan wholesales mencapai 18,6% dari total wholesales nasional yang sebesar 372.046 unit. Pangksa pasar penjualan ritel Daihatsu mencapai 18% dari total penjualan ritel nasional yang mencapai 407.380 unit.
Perolehan market share Daihatsu selama Januari-September 2020 lebih tinggi bila dibandingkan perolehan pangsa pasar Daihatsu pada periode sama tahun lalu. Asal tahu saja, market share Daihatsu hanya mencapai 17,6% untuk wholesales dan 16,8% untuk penjualan ritel pada Januari-September 2019 lalu.
Baca Juga: Pasar belum pulih, ini cara Astra International (ASII) mendongkrak penjualan mobil
Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, pihaknya mensyukuri hasil penjualan Daihatsu di sembilan pertama yang dinilai positif. “Kami berharap kondisi penjualan ini dan daya beli dapat terus membaik di tengah kegiatan masyarakat yang masih beraktivitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Hendrayadi dalam siaran pers, Kamis (15/10).
Pangsa pasar yang melebar tidak terlepas dari performa penjualan Daihatsu di bulan September 2020. Secara bulanan, wholesales Daihatsu meningkat menjadi 11.204 unit pada September 2020, naik sekitar 68% dari yang realisasi wholesales Agustus 2020 yang tercatat sebesar 6.651 unit.
Baca Juga: Siap-siap! Daihatsu Dress Up e-Challenge (DDeC) kembali hadir secara virtual
Kenaikan penjualan secara bulanan juga dijumpai pada penjualan ritel. Tercatat, penjualan ritel Daihatsu tumbuh 23% secara bulanan dari semula 6.300 unit di bulan Agustus 2020 menjadi 7.721 unit di September 2020.
Sampai September 2020 lalu, Astra Daihatsu Sigra masih menjadi model dengan sumbangan terbesar dengan angka penjualan sebesar 19.918 unit atau setara 27,1% dari total penjualan ritel Daihatsu di sepanjang Januari-September 2020. Sementara itu, posisi kedua dan ketiga sebagai model dengan kontribusi penjualan ritel terbesar Daihatsu diisi oleh Gran Max Pick-Up yang terjual 16.231 unit (22,1%), dan Terios yang terjual 10.888 unit (14,8%).
Baca Juga: Intip deretan harga mobil bekas murah jenis hatchback Rp 50 jutaan per Oktober 2020
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News