kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Delta Djakarta (DLTA) Berharap Raih Kinerja Lebih Baik pada Tahun 2023


Kamis, 06 Juli 2023 / 17:16 WIB
Delta Djakarta (DLTA) Berharap Raih Kinerja Lebih Baik pada Tahun 2023
ILUSTRASI. Minuman keras beralkohol jenis bir Anker Beer produksi PT Delta Djakarta Tbk di hipermarket Jakarta Selatan (13/2/2015). KONTAN/Daniel Prabowo


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten yang bergerak di bisnis minuman beralkohol, PT Delta Djakarta Tbk (DLTA) berharap dapat meningkatkan kinerjanya sepanjang tahun 2023.

Secara umum, bisnis minuman beralkohol mulai kembali bangkit seiring berakhirnya pandemi Covid-19. Tempat-tempat hiburan dan wisata yang kerap menjadi sasaran pemasaran minuman beralkohol sudah dibuka lagi sejak tahun lalu. Belum lagi, tahun ini banyak acara internasional yang dihelat di Indonesia.

Walau demikian, Manajemen DLTA menyadari bahwa bisnis minuman beralkohol tetap memiliki tantangan berupa daya beli konsumen yang terancam tertekan akibat inflasi tinggi. Inflasi ini bisa mempengaruhi harga-harga sejumlah barang, tak terkecuali minuman beralkohol yang termasuk barang konsumsi tersier.

Terlepas dari itu, pihak DLTA tetap optismistis dengan prospek bisnisnya pada 2023. 

Baca Juga: Telkom (TLKM) Luncuran Indibiz untuk Perkuat Segmen B2B

“Proyeksi penjualan dan laba bersih kami harus di atas realisasi tahun 2022,” ujar Direktur Delta Djakarta Ronny Titiheruw, Kamis (6/7).

Dikutip dari materi paparan publik beberapa waktu lalu, DLTA mencatatkan kenaikan penjualan bersih 14,3% year on year (YoY) menjadi Rp 778,7 miliar pada 2022. Laba bersih setelah pajak DLTA ikut naik 22,4% yoy menjadi Rp 230,1 miliar.

Namun, memasuki kuartal I-2023, penjualan bersih DLTA menyusut 1,2% YoY menjadi Rp 196,45 miliar. Laba bersih perusahaan tersebut juga berkurang 4,6% YoY menjadi Rp 58,85 miliar.

Ronny menambahkan, pihaknya masih akan fokus memperkuat pemasaran dan penjualan produk minuman beralkohol untuk pasar domestik. Maklum, potensi pasar domestik masih sangat menjanjikan yang didukung dengan populasi penduduk Tanah Air yang besar. 

“Penjualan ekspor belum menjadi fokus utama kami,” tukas dia.

Guna mendongkrak kinerja, DLTA turut melakukan inovasi melalui peluncuran produk baru. Tahun ini DLTA telah memperkenalkan varian bir Anker Pineapple yang memiliki rasa nanas dan menyegarkan bagi konsumen.

Baca Juga: Jatis Mobile (JATI) Luncurkan Teknologi AI Produk Dalam Negeri

Menurut Ronny, Anker Pineapple cocok diminum oleh konsumen minuman beralkohol pemula dan cocok dikonsumsi ketika bersantai pada siang atau sore hari.

Sebagai informasi, DLTA menjual berbagai merek minuman beralkohol di pasar. Selain Anker, perusahaan ini juga menjual merek Carlsberg, Kuda Putih, dan San Miguel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×