Reporter: Filemon Agung | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) berupaya mendorong digitalisasi dengan berfokus pada peningkatan customer experience mulai tahun ini.
Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz menjelaskan bahwa digital transformastion di PGN dilakukan cukup cepat. Trennya mulai tahun 2019, PGN lebih ke customer centric kemudian bergeser ke customer experience mulai tahun 2021.
“Ini (digital transformation) penting, karena kita tidak bisa membangun digital berdasarkan apa yang kita ketahui. Tetapi apa yang berdasarkan pengalaman pelanggan terhadap program kita,” ujar Faris dalam keterangan resmi, Kamis (20/5).
Baca Juga: Pertamina incar minimal US$ 40 miliar lewat pendanaan eksternal hingga 2024
Faris memastikan untuk tahun ini, PGN akan lebih fokus pada customer experience untuk membangun sistem digital. Sebagai contoh, respons PGN terhadap pandemi yang mendorong penggunaan teknologi, PGN meningkatkan desain website PGN agar lebih fungsional dalam hal customer experience optimalization dengan fitur simulasi biaya energi gas bumi, informasi tagihan gas, technical service request, informasi kemitraan, co-branding product PGN, response time PGN contact center yaitu kurang dari 8 jam.
Selain itu, PGN contact center siap melayani 24 jam. Selain kendala atau keluhan, PGN terbuka terhadap pelanggan yang ingin menyampaikan kritik dan masukan tentang produk maupun layanan PGN agar kinerja ke depannya dapat lebih baik lagi.
Faris melanjutkan, langkah lainnya dengan mendorong pemanfaatan aplikasi PGN Mobile yang di-launching sejak 2016 lalu. “PGN Mobile juga memuat informasi mengenai tagihan gas bumi, infrastruktur gas bumi PGN, lokasi SPBG, dan fitur lainnya. Kini juga dapat digunakan untuk registrasi online berlangganan gas PGN,” jelas Faris.
Sedangkan aplikasi Rely On PGN, membolehkan calon pelanggan untuk registrasi secara online serta aplikasi PGN Partner untuk pelaporan aktivitas di lapangan.
PGN pun bekerja sama dengan beberapa channel pembayaran online seperti Tokopedia, Link Aja, Blibli.com, Dana, dan Gopay. Security IT juga disempurnakan untuk melindungi asset informasi penting pelanggan maupun perusahaan.
Baca Juga: Kolaborasi Agung Sedayu dan Salim grup bangun urban farm jadi tempat wisata kuliner
“Fokus customer experience diharapkan dapat memberikan pelayanan yang menyenangkan dan memuaskan, karena pelanggan merasa dihargai selama menggunakan produk gas bumi PGN. Pelayanan yang baik pun akan meningkatkan loyalitas pelanggan,” kata Faris.
Faris menyatakan bahwa pelanggan merupakan komponen penting bagi keberlanjutan bisnis PGN. Selain budaya bisnis untuk meningkatkan kinerja positif perusahaan, PGN juga meningkatkan budaya bisnis yang fokus ke pelanggan. Kepuasan pelanggan menjadi salah satu alasan penting dalam pengambilan keputusan.
“PGN juga terus menerima masukan dari pelanggan di antaranya pembuatan PGN Mobile versi website, digitalisasi platform pelanggan, memperbanyak channel payment, real time data yang dapat diakses pelanggan, memperbanyak konten media sosial media yang berkaitan dengan edukasi penggunaan gas bumi sehari-hari dan perbaikan infrastruktur PGN secara terjadwal,” tambah Faris.
Selanjutnya: SKK Migas dorong proyek-proyek hulu onstream tahun ini
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News