kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,85   2,25   0.25%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Elnusa (ELSA) Bidik Potensi Bisnis CCS/CCUS


Senin, 05 Februari 2024 / 13:43 WIB
Elnusa (ELSA) Bidik Potensi Bisnis CCS/CCUS
ILUSTRASI. Gedung kantor PT Elnusa Tbk?di Jakarta Selatan. PT Elnusa Tbk (ELSA) membidik potensi bisnis Carbon Capture Storage (CCS) dan Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS).


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Elnusa Tbk (ELSA) membidik potensi bisnis Carbon Capture Storage (CCS) dan Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS). Bahkan, perusahaan jasa energi ini sudah melakukan sejumlah kerja sama di ceruk bisnis anyar ini. 

Manager of Corporate Communications Elnusa, Jayanty Oktavia Maulina menjelaskan, ELSA melihat prospek bisnis CCS/CCUS cukup besar ke depannya. Penerapan teknologi ini di Indonesia dapat memberikan pengaruh substansial dalam usaha mengurangi emisi karbon secara keseluruhan. 

Terlebih dalam menjalani bisnis ini, kata Anty, akan melibatkan beberapa pihak untuk kolaborasi di mana tidak hanya melibatkan pihak-pihak di sektor energi tetapi juga lingkungan dan pemangku kepentingan lainnya.

Potensi bisnis CCS/CCUS ini pun sudah dijajaki Elnusa salah satunya melalui simulasi Reservoir Study & Enhanced Oil Recovery (EOR) dengan Optimalisasi Produksi Teknologi. 

“Kami dipercaya untuk melakukan penerapan EOR dalam bentuk injeksi polimer pada sumur T46, di Lapangan Tanjung, PEP Asset 5 pada 2018 silam,” ujarnya kepada Kontan.co.id, Senin (5/1). 

Baca Juga: Gelar RUPS, Elnusa (ELSA) Rombak Jajaran Direksi dan Komisaris

Melalui layanan jasa ini, Elnusa hadir dengan keunggulan berupa pemodelan dan simulasi reservoir yang dibuat untuk mengoptimalkan operasi CO2 Huff-and-Puff dalam reservoir batugamping (limestone). 

Kemudian, pada 2023 lalu Elnusa juga telah sepakat dengan Pertamina Hulu Rokan (PHR)  melakukan pekerjaan teknologi stimulasi penggetaran reservoir EOR di Wilayah Kerja Rokan. 

Pada kerja sama ini PHR menyediakan lapangan uji coba selama 60 hari. Elnusa juga bekerja sama dengan Pertamina Upstream Research and Technology Innovation (URTI) dalam melakukan implementasi teknologi stimulasi reservoir di lingkungan PHR WK Rokan. 

Di tahun yang sama pada 2023, Elnusa juga mendapatkan apresiasi atas pencapaian inovasi Vibroseis for EOR yang merupakan salah satu pengembangan teknologi yang dilakukan Perwira Elnusa. 

“Atas upaya dan persiapan yang terus dilakukan, Perseroan tetap menyadari, bahwa berbagai tantangan dalam menjalani bisnis CCS/CCUS ke depan nyata dan tidak dapat diabaikan,” kata Anty. 

Meski begitu, Elnusa terus berupaya dapat beradaptasi dengan segala tantangan dan perubahan, untuk menciptakan daya saing, dan memberikan nilai yang terbaik bagi para pemegang saham dan pemangku kepentingan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×