kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Enam tips sederhana menata furnitur Anda


Kamis, 27 Oktober 2016 / 15:20 WIB

Enam tips sederhana menata furnitur Anda

Menempatkan furnitur di rumah bisa jadi hal yang mudah, namun bisa juga menjadi hal yang merepotkan. Mudah jika Anda orang yang malas menata dan tinggal menaruhnya saja secara serampangan di rumah. Jadi cukup merepotkan jika Anda ingin menatanya mengacu pada konsep-konsep tertentu seperti fengshui.

Kebanyakan orang ingin berada di tengah-tengah kondisi tersebut, tidak serampangan tapi juga tidak jadi terlalu direpotkan. Enam aturan berikut akan mempermudah Anda dalam menata furnitur Anda di rumah:


Pertama, mengukur. Mengukur ruang di mana Anda akan menempatkan furnitur Anda merupakan langkah pertama yang harus Anda lakukan. Ukuran ruang akan menentukan apa yang Anda akan masukkan di dalamnya, jumlah yang Anda akan hadirkan, jenis furnitur yang Anda gunakan dan bahkan mungkin jenis bahan.

Selanjutnya, tentukan fungsi.  Pemilik rumah kini sering menciptakan ruang multifungsi yang dapat melayani berbagai tujuan atau juga menghadirkan ruang yang sangat spesifik. Menentukan fungsi ruang, akan membantu Anda dalam memilih furnitur apa yang akan Anda gunakan, serta menentukan tata letaknya.

Langkah berikutnya, tentukan area ruang. Hal ini penting, untuk menentukan di mana Anda akan menaruh furnitur Anda. Seperti ruang tamu, Anda dapat menentukan di mana area untuk bercakap-cakap, sehingga Anda tahu di mana Anda harus meletakkan sofa serta meja tamu Anda.

Mendefinisikan area untuk kegiatan yang berbeda sangat penting di ruang multifungsi, atau pada satu ruangan yang sangat besar. Area dapat didefinisikan melalui warna, menempatkan karpet di lantai, atau menciptakan bentuk dengan pengaturan furnitur Anda.

Lalu, jangan tempatkan sofa terlalu mepet dengan dinding. Kita sering beranggapan, menaruh sofa atau kursi lebih dekat ke dinding akan membuat menyisakan banyak ruang, sebaliknya sofa atau kursi yang berjarak dengan dinding akan membuat ruang terasa lebih luas. Sebaliknya, untuk lemari, meja rias, atau rak buku sebaiknya Anda tempatkan merapat pada dinding.  

Langkah terakhir, taruh meja makan di bawah lampu atau sumber cahaya. Tidak hanya berfungsi untuk meberi cahaya lebih saat Anda menyantap makanan, hal ini juga akan menghadirkan satu titik fokus yang mencolok di ruangan makan Anda.

(sumber : Rumahku.com) 


Reporter: Rizki Caturini
Editor: Rizki Caturini
Video Pilihan


Close [X]
×