Sumber: TribunNews.com | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cppetindo bersama brand Takari melanjutkan tour edukasi kewirausahaan bertajuk 'CPPETINDO FishPreneur' 2025.
Cppetindo merupakan salah satu bisnis usaha dari PT Central Proteina Prima Tbk (CP Prima) yang bergerak di bidang produksi pakan hewan peliharaan, termasuk ikan hias.
CPPETINDO FishPreneur 2025 ini mengunjungi tiga sekolah kejuruan unggulan yang memiliki jurusan perikanan dan kelautan di Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Tengah (Jateng), yaitu SMKN 1 Kademangan dan SMKN 1 Tulungagung di Jatim dan SMK HKTI Temanggung di Jateng, pada akhir Mei hingga awal Juni 2025 lalu.
Wilda Novayana, Brand Manager Cppetindo mengatakan, melihat antusias pada event sebelumnya di Tangerang, Takari bersama semangatnya ingin datangi lebih banyak sekolah kejuruan di Indonesia.
Baca Juga: Kemenperin Terus Pacu Kemandirian dan Daya Saing Industri Alat Kesehatan Nasional
"Visi kami adalah menumbuhkan awareness akan potensi yang ada di industri akuakultur Indonesia, dan bagaimana langkah yang bisa diambil generasi penggerak muda-mudi kita untuk terus menumbuhkannya” kata Wilda, Senin (9/6/2025).
Pemilihan wilayah Jatim dan Jateng dipilih sebagai lokasi tour lanjutan CPPETINDO FishPreneur, mengingat kedua daerah ini memiliki potensi besar dalam pengembangan sektor perikanan hias dan akuakultur.
"Minat masyarakat terhadap hobi ikan hias di kedua daerah ini juga cukup tinggi, namun masih dibutuhkan lebih banyak sosialisasi tentang peluang bisnis serta inovasi perawatan ikan yang modern dan berkelanjutan, terutama untuk generasi muda," jelas Wilda.
Kegiatan yang digelar ini, tetap mempertahankan elemen edukatif melalui sesi #TAKARInsights oleh para narasumber kompeten di bidang terkait yang didatangkan khusus dan juga bersama Key Opinion Leaders (KOL).
Kompetisi kreatif 'Aquascape Battle', serta tantangan digital #ADayWithTakari juga masih menjadi rangkaian program dalam CPPETINDO FishPreneur.
Baca Juga: Industri Ritel Fesyen Tengah Tertekan, Ini Srategi ZONE Pertahankan Bisnis
Kompetisi 'Aquascape Battle' yang berfokus pada keterampilan siswa dalam merakit dan mendesain akuarium secara kreatif dan estetis, pemilihan jenis ikan, serta mengasah kerjasama tim, akan menawarkan benefit uang hingga sebagai dukungan modal, goodie bag spesial, serta exposure media, serta kesempatan membangun jejaring industri bersama KOL yang sudah sukes di bisnis ikan hias untuk para peserta.
Wilda Novayana menambahkan pihaknya ingin mengajak orang-orang mengembalikan gaung hobi ikan hias di Indonesia, yang semenjak Covid selesai mengalami penurunan market.
"Ini menjadi tantangan tersendiri menurut kami. Namun ternyata antusias anak-anak muda terlihat sekali. Kami sangat optimis bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak besar bagi siswa SMK," tambah Wilda.
Takari dan Cppetindo merancang program secara terpadu untuk menciptakan ekosistem bisnis yang kuat di bidang perikanan hias dengan melibatkan sekolah-sekolah yang memiliki jurusan relevan seperti perikanan, kelautan, atau agribisnis ikan hias.
"Harapannya, siswa dapat langsung menerapkan pengetahuan mereka untuk memulai usaha dan turut memajukan industri perikanan nasional. Sekolah bisa mengajukan diri sebagai lokasi selanjutnya untuk pelaksanaan program CPPETINDO FishPreneur," ungkap Wilda.
Sebagai bentuk komitmen jangka panjang, Cppetindo juga menyiapkan program lanjutan berupa lomba ide bisnis ikan hias setelah rangkaian tour selesai.
Program ini akan memberikan dukungan modal serta kerja sama riset pengembangan produk bersama pihak sekolah, menjadikan program CPPETINDO FishPreneur sebagai titik awal karir siswa sebagai entrepreneur muda di bidang akuakultur.
Baca Juga: Iperindo: Impor Masih Tinggi, Galangan Kapal Nasional Belum Terpakai Maksimal
Kepala SMKN 1 Tulungagung, Ning Fadlillah, menyampaikan harapannya terkait industri ikan hias di Indonesia, agar bisa semakin maju.
"Terutama dengan dilibatkannya anak-anak muda yang kreatif dari segi pemasaran, dan desain pengembangan produk di industri akuakultur dan perikanan itu sendiri," ujar Ning Fadlillah.
Salah satu peserta kompetisi Aquascape Battle juga mengaku sangat tertarik sekali karena sesuai dengan apa yang didapatkan materi di sekolah.
"Bisa diterapkan dalam kegiatan ini. Menghias aquarium dengan kreativitas untuk menciptakan keindahan dan kealamian, ini menantang dan pengalaman baru untuk saya. Semoga kedepannya makin banyak acara seperti ini untuk mengasah bakat anak muda," pungkasnya.
Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul CPPETINDO FishPreneur 2025 Hadirkan Inspirasi Bisnis Ikan Hias kepada Pelajar SMK Jatim dan Jateng, https://surabaya.tribunnews.com/2025/06/09/cppetindo-fishpreneur-2025-hadirkan-inspirasi-bisnis-ikan-hias-kepada-pelajar-smk-jatim-dan-jateng?page=all#goog_rewarded.
Selanjutnya: AAJI Yakin Adanya Ketentuan Co-payment akan Membuat Tarif Premi Lebih Terjangkau
Menarik Dibaca: Dapur Kasmir: Sentuhan Hangat dan Mewah yang Kembali Jadi Tren Favorit
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News