CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,33   10,53   1.04%
  • EMAS995.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Gaikindo Optimistis Penjualan Mobil Nasional Bisa Melaju Tahun Ini


Rabu, 16 Maret 2022 / 18:08 WIB
Gaikindo Optimistis Penjualan Mobil Nasional Bisa Melaju Tahun Ini
ILUSTRASI. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan penjualan mobil nasional mengalami penurunan pada bulan Februari 2022 lalu.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan penjualan mobil nasional mengalami penurunan pada bulan Februari 2022 lalu. Walau demikian, industri otomotif nasional tetap memiliki prospek yang positif hingga akhir tahun 2022.

Tercatat, penjualan mobil kategori wholesales (pabrik ke dealer) di Februari 2022 berada di level 81.228 unit. Jumlah ini lebih rendah dibandingkan penjualan mobil wholesales di bulan sebelumnya sebanyak 84.062 unit. Alhasil, total penjualan mobil wholesales di dua bulan pertama 2022 mencapai 165.290 unit.

Setali tiga uang, penjualan mobil kategori retail (dealer ke konsumen) juga turun dari 78.567 unit di Januari menjadi 69.989 unit di Februari. Sehingga secara keseluruhan, penjualan mobil retail di periode Januari—Februari 2022 tercatat sebesar 148.556 unit.

Baca Juga: Resmikan Pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, Ini Harapan Jokowi

Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto menilai, penurunan penjualan mobil nasional di Februari lalu tidak signifikan. Penyebaran varian Omicron memang cukup mempengaruhi penjualan mobil kala itu. Kendati begitu, Gaikindo percaya penjualan mobil akan kembali meningkat pada bulan-bulan berikutnya.

“Mudah-mudahan tren positif penjualan mobil dapat terus dipertahankan, sehingga proyeksi penjualan sebanyak 900.000 unit di tahun ini tercapai,” ujar dia, Rabu (16/3).

Jongkie menambahkan, salah satu segmen mobil yang penjualannya berpotensi moncer adalah Sport Utility Vehicle (SUV). Ini mengingat mobil SUV telah menjadi tren global dan permintaannya di dalam negeri juga tergolong tinggi, sehingga pangsa pasar segmen tersebut cukup besar.

Baca Juga: Industri Otomotif Nyatakan Dukungan terhadap Kebijakan Euro 4

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×