kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Gapki melirik peluang ekspor minyak kelapa sawit (CPO) ke Chile


Selasa, 11 Juni 2019 / 17:21 WIB

Gapki melirik peluang ekspor minyak kelapa sawit (CPO) ke Chile


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gabungan pengusaha kelapa sawit Indonesia (Gapki) menyatakan ada peluang mengekspor minyak kelapa sawit atawa Crude Palm Oil (CPO) di Chile.

Perdagangan CPO ke Chile akan lebih terbuka setelah berlakunya perjanjian kerja sama ekonomi komprehensif Indonesia Chile (IC-CEPA). Walau begitu, Gapki belum banyak melakukan eksplorasi ke Chile.


"Kita belum banyak eksplor, tapi saya yakin sawit akan banyak dibutuhkan," ujar Sekretaris Jenderal Gapki Kanya Lakshmi saat menghadiri pertukaran Instrument of Ratification (IoR) IC-CEPA, Selasa (11/6).

Meski ada potensi, Kanya bilang terdapat tantangan dari negara sekitar Chile. Negara Amerika Latin di sekitar Chile juga terkenal memproduksi minyak nabati. Kanya bilang, tantangan tersebut perlu dihadapi oleh Indonesia. Selain memberikan fasilitas kemudahan bagi perdagangan barang, IC-CEPA juga akan mempermudah sektor investasi.

"Apa yang kita jual kesana, mentah atau setengah jadi atau kerjasama investasi karena permintaan investasi disana cukup besar," terang Kanya.

IC-CEPA akan mulai berlaku 60 hari setelah pertukaran IoR yaitu pada 10 Agustus mendatang. Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan (Kemdag) Iman Pambagyo mengatakan, pada tanggal tersebut baru berlaku untuk perdagangan barang.

"Trade of invesment untuk perusahaan Indonesia masuk ke Chile dan juga sebaliknya belum dibahas," jelas Iman.

Dari sektor perdagangan barang, Indonesia mengeliminasi 9.308 atau 86,1% pos tarif. Sementara Chile mengeliminasi 7.669 atau 89,6% pos tarif.

IC-CEPA dipercaya akan meningkatkan perdagangan kedua negara. Asal tahu saja, pada tahun 2018 lalu total perdagangan Indonesia - Chile sebesar US$ 274,1 juta.


Reporter: Abdul Basith
Editor: Noverius Laoli

Video Pilihan


Close [X]
×