kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gara-gara wabah virus corona konsumsi listrik bakal menurun, kok bisa?


Selasa, 17 Maret 2020 / 18:47 WIB
Gara-gara wabah virus corona konsumsi listrik bakal menurun, kok bisa?
ILUSTRASI. Wabah virus corona berdampak luas dan telah menjalar ke berbagai sektor.. ANTARA FOTO/Makna Zaezar/pras/17.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wabah virus corona berdampak luas dan telah menjalar ke berbagai sektor. Aktivitas ekonomi yang tertekan telah menurunkan tingkat konsumsi energi, termasuk listrik. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) pun memperkirakan pemakaian setrum bisa turun cukup dalam.

Executive Vice President Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PLN Edison Sipahutar mengungkapkan, anjuran untuk mengurangi aktivitas di keramaian serta skema Work From Home (WFH) oleh sejumlah instansi dan perusahaan, memang akan meningkatkan konsumsi listrik di segmen rumah tangga.

Baca Juga: Perbankan terapkan kebijakan WFH, bagaimana nasib nasabah?

Namun, di saat yang bersamaan konsumsi listrik di segmen bisnis dan industri akan merosot. Menurut Edison, perbandingan kenaikan konsumsi setrum di segmen rumah tangga lebih mini dibandingkan penurunan konsumsi di segmen bisnis dan industri.

Edison memperkirakan, peningkatan konsumsi listrik di segmen rumah tangga bisa menyentuh 1,5% sampai dengan 2%. Sementara penurunan di sektor bisnis diprediksi berada dalam rentang 0,9% hingga 1,8%. Konsumsi listrik di segmen industri diperkirakan merosot lebih dalam, yakni di angka 1,2% sampai dengan 2,4%.

Angka tersebut disimulasikan dengan asumsi dampak dari Corona akan bertahan lama. Dengan simulasi itu, penurunan penjualan listrik PLN dalam setahun ini diperkirakan mencapai 0,6% hingga 1,2%.

"Rumah tangga meningkat tapi perkiraannya tidak menutup Kwh (Kilowatt hour) penurunan bisnis dan industri. Dampak Corona ini dapat membawa penurunan penjualan listrik secara total setahun. Mudah-mudahan segera pulih, sehingga perkiraan penjualan listrik tidak mengalami penurunan," kata Edison saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (17/3).

Baca Juga: Pebisnis hotel desak pemeritah evaluasi stimulus pariwisata




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×