kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Garudafood (GOOD) catat penjualan tumbuh di kuartal I-2021, ditopang segmen makanan


Jumat, 28 Mei 2021 / 21:34 WIB
Garudafood (GOOD) catat penjualan tumbuh di kuartal I-2021, ditopang segmen makanan
ILUSTRASI. Produk makanan dari PT GarudaFood Putra Putri Jaya Tbk (GarudaFood) . KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kondisi pandemi masih berlangsung hingga saat ini, namun sektor industri makanan dan minuman mulai perlahan bangkit. PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) optimistis di tahun 2021 dapat tumbuh positif dari tahun sebelumnya.

Garudafood mencatat tren perbaikan untuk kinerja kuartal I 2021 dengan membukukan laba sebesar Rp 144 miliar. Penjualan tercatat Rp 2,27 triliun atau tumbuh 1,21% terhadap periode yang sama pada tahun sebelumnya, dengan pencapaian laba bersih yang kurang lebih sama. 

Hal ini tentu saja menjadi sinyal positif mengingat pada kuartal I tahun lalu belum terdampak pandemi, namun kinerja Garudafood di awal tahun ini sudah dapat menyamai.

Jika dibandingkan dengan kinerja kuartal IV 2020 maka kinerja kuartal I 2021 ini sudah membaik. Garudafood akan fokus mempertahankan kinerja kuartal I ini sehingga pada akhir tahun dapat mencapai pertumbuhan yang signifikan.

“Kami bersyukur penjualan kami di kuartal I tahun ini mencatat pertumbuhan positif dan meningkat dibanding tahun sebelumnya, sebelum pandemi terjadi. Hal ini menandakan tingkat kepercayaan konsumen sudah membaik meskipun kondisi pandemi masih berlangsung. Fokus utama kami saat ini adalah menjaga ketersediaan produk di pasar dengan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan karyawan serta mendukung program pemerintah dalam percepatan penanganan pandemi,” ujar Paulus Tedjosutikno, Direktur Garudafood dalam keterangan resmi, Jumat (28/5).

Baca Juga: Tahun 2020, penjualan neto Garudafood (GOOD) terkikis menjadi Rp 7,71 triliun

Segmen makanan menyumbang pertumbuhan penjualan Garudafood di sepanjang kuartal pertama 2021 ini sebesar 88,93% atau tumbuh 3% dari tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini didukun peningkatan penjualan baik di domestik sebesar 0,79% dan luar negeri sebesar 10,64% dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya. 

Kinerja positif tersebut dicapai Garudafood di tengah sejumlah kendala yang dihadapi selama pandemi seperti kebijakan lockdown di beberapa negara serta kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat seperti aktivitas sekolah dan kantor yang belum normal, larangan berkumpul hingga adanya perubahan perilaku konsumen yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, melakukan hobi seperti memasak dan beralih pada transaksi digital. 

Namun demikian, Garudafood melihat tantangan tersebut sebagai sebuah peluang untuk dapat semakin mengembangkan channel distribusi dan pemasaran ke depannya. Harapannya, pertumbuhan ekonomi semakin menggeliat sehingga Garudafood dapat mencapai target penjualan yang telah ditetapkan.

Selanjutnya: Garuda Food (GOOD) siap ekspansi: ini deretan rencana dari usaha baru sampai buyback

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×