Reporter: Dimas Andi | Editor: Putri Werdiningsih
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan ban global terkemuka, Hankook Tire & Technology, mencatatkan penjualan sebesar KRW 2.317,8 miliar dan laba operasional sebesar KRW 420 miliar untuk kuartal II-2024.
Berdasarkan laporan keuangan konsolidasi global, penjualan Hankook Tire meningkat 2,4% year on year (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Begitu pula dengan laba operasional perusahaan yang meningkat 69,2% secara tahunan.
Meskipun terdapat inflasi berkepanjangan dan suku bunga tinggi yang mengganggu ekonomi global serta melemahkan sentimen konsumen, Hankook Tire berhasil mempertahankan pertumbuhan positif. Pencapaian ini berkat berbagai inisiatif yang berlandaskan strategi merek premium, seperti penelitian dan pengembangan (R&D) yang proaktif, kepemimpinan di pasar ban khusus kendaraan listrik atau electric vehicle (EV), serta kemitraan kuat dengan produsen otomotif berkinerja tinggi di bawah arahan Ketua Hankook & Company Group, Hyunbum Cho.
"Selain itu, dengan menerapkan strategi penjualan yang disesuaikan untuk setiap wilayah, memperluas saluran penjualan, dan meningkatkan infrastruktur distribusi, Hankook Tire mampu memanfaatkan keunggulan teknologinya dan mempertahankan daya saing produk premium perusahaan," ungkap Manajemen Hankook Tire dalam siaran pers yang diterima Kontan, Senin (19/8).
Pada kuartal kedua, ban high-inch dengan ukuran minimal 18 inci menyumbang 46,3% dari seluruh penjualan ban untuk mobil penumpang dan truk ringan (PCLT) Hankook Tire. Penjualan ban ukuran minimal 18 inci ini meningkat sebesar 2,8% yoy dibandingkan tahun sebelumnya.
Sementara itu, ban penumpang high-inch menyumbang 63% dari total penjualan Hankook Tire di pasar China yang merupakan proporsi tertinggi di antara semua wilayah, diikuti oleh Korea Selatan sebesar 55,3%, Amerika Utara sebesar 54,6%, dan Eropa sebesar 37,8%.
Baca Juga: Penuh Ketidakpastian, Kinerja Pasar Ban Diperkirakan Sulit Menggelinding di Tahun Ini
Hankook Tire berhasil mengembangkan teknologi ban kelas atas yang memenuhi standar performa dan kualitas tinggi yang dibutuhkan oleh merek otomotif premium. Perusahaan ini terus memperluas kemitraannya sebagai pemasok original equipment (OE) yang bekerja sama dengan merek terkenal seperti Porsche, Mercedes-Benz, BMW, dan Audi, termasuk divisi performa tinggi seperti Mercedes-AMG, BMW M, dan Audi RS.
Selain itu, Hankook juga memasok ban untuk produsen kendaraan listrik terkemuka seperti Tesla dan BYD. Saat ini, Hankook menyediakan ban OE untuk sekitar 280 model dari hampir 50 produsen otomotif global.
Untuk segmen ban khusus EV, Hankook Tire terus menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Sejak meluncurkan lini ban khusus EV pertama di dunia pada tahun 2022 di bawah merek iON, perusahaan telah mendiversifikasi portofolio merek tersebut hingga mencakup 236 spesifikasi dengan ukuran mulai dari 16 inci hingga 22 inci.
Hankook Tire juga memperluas pasokan ban OE untuk model EV termasuk Porsche Taycan, Audi e-tron GT dan Q4 e-tron, BMW i4, Volkswagen ID.4, Hyundai Ioniq 6, Kia EV3 dan EV9, Tesla Model Y dan Model 3, serta BYD Song Max dan Yuan.
Lebih lanjut, Hankook Tire terus memperkuat kegiatan pemasaran domestik dan globalnya untuk meningkatkan posisinya sebagai merek premium. Hankook Tire adalah pemasok eksklusif dan mitra resmi dari ABB FIA Formula E World Championship, kompetisi balap mobil listrik terkemuka dunia, serta seri balap Lamborghini Super Trofeo yang diselenggarakan oleh Automobili Lamborghini S.p.A., merek supercar asal Italia.
Tak hanya itu, Hankook Tire memiliki kemitraan dengan berbagai organisasi olahraga terkenal di dunia, termasuk UEFA Europa League yang melibatkan klub sepak bola profesional terbaik di Eropa, serta klub sepak bola bergengsi asal Jerman, Borussia Dortmund
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News