Reporter: Ahmad Febrian, Chelsea Anastasia | Editor: Ahmad Febrian
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang akhir tahun, tiga pemain besar e-commerce di Indonesia berlomba menggenjot penjualan melalui Hari Belanja Nasional (Harbolnas). Kampanye 12.12 ini sebagai salah satu agenda belanja digital terbesar.
Program ini bukan hanya menjadi ajang menggenjot penjualan atau promo, juga momentum bagi platform untuk memperkuat layanan dan logistik.
Zalora misalnya kembali menggelar program, ini ada 12–18 Desember 2025. Tahun ini, platform fashion tersebut menonjolkan pendekatan kurasi kategori, mulai dari fashion, sports, hingga beauty. Zalora memperkenalkan fitur “Tumpuk Promo” yang memungkinkan konsumen menggabungkan beberapa jenis potongan harga dalam satu transaksi.
“Kami mengurasi produk terbaik dari kategori fashion hingga kecantikan, lalu menggabungkannya dengan promo tumpuk agar pelanggan bisa mendapatkan harga akhir yang lebih efisien,” klaim Victor Yap, Direktur Commercial Zalora, Rabu (10/12).
Sedangkan Lazada Indonesia memulai kampanye 12.12 lebih awal, yakni pada 11 Desember pukul 20.00 WIB sampai 14 Desember 2025. Tahun ini, Lazada menitikberatkan pada fasilitas pembayaran, termasuk cicilan 0% tanpa biaya penanganan hingga tenor enam bulan khusus pembelian melalui LazMall.
Baca Juga: Harbolnas 2025 Jadi Momentum Produsen Kosmetik Dongkrak Penjualan Akhir Tahun
Selain diskon dan voucher, Lazada menyebut telah memperkuat layanan logistik untuk memastikan pengiriman tetap lancar di periode puncak.
CEO Lazada Indonesia, Carlos Barrera, menambahka,n kebutuhan konsumen di akhir tahun mendorong perusahaan untuk menyiapkan solusi belanja yang lebih efisien.
“Banyak konsumen mencari cara untuk berbelanja lebih hemat tanpa mengorbankan kualitas. Maka, kami mengombinasikan produk autentik dari brand terpercaya dengan solusi finansial yang lebih fleksibel,” ujarnya.
Shopee menandai 10 tahun kehadirannya di Indonesia lewat kampanye 12.12 Birthday Sale mulai 11 Desember malam Shopee menyebut momentum ulang tahun ini sebagai kesempatan untuk merangkul pengguna dan pelaku usaha, terutama UMKM.
“Kami mendapat dukungan pengguna, UMKM, dan brand lokal selama 10 tahun terakhir,” kata Adi Rahardja, Senior Director of Business Development Shopee Indonesia.
Selanjutnya: Sentra Produksi Mulai Panen, Kementan Pastikan Harga Bawang Merah Akan Segera Turun
Menarik Dibaca: Stres Harian hingga Keluhan Fisik, Ini Temuan Penyakit pada Karyawan Indonesia
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News













