kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Harga telur ayam masih turun, Solo dan Surabaya paling parah


Minggu, 26 Januari 2020 / 08:26 WIB
Harga telur ayam masih turun, Solo dan Surabaya paling parah
ILUSTRASI. Penjual menata telur ayam yang dijual di Pasar Grogol, JakartaKONTAN/Fransiskus Simbolon

Reporter: Hasbi Maulana | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga telur ayam masih turun terhitung sejak awal tahun hingga Jumat (24/1) lalu. Penurunan harga telur ayam terjadi merata di hampir semua wilayah di Indonesia.

Data info harga pasar dari Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) yang diolah KONTAN.co.id menunjukkan kecenderungan penurunan harga telur ayam itu.

Dari 61 kota atau wilayah pantauan Pinsar, tidak ada satu kota atau wilayah pun yang menunjukkan kenaikan harga telur ayam dalam periode akhir tahun (31/12) hingga Jumat (24/1).

Hanya tujuh kota atau wilayah yang tak mengalami perubahan harga telur ayam pada periode tersebut. Di kota atau wilayah lain, harga telur ayam turun.

Penurunan harga telur ayam terdalam pada periode itu dialami oleh Solo (-21,2%), Boyolali (-19,1%), dan Purwokerto (-17,7%).

Demikian pula jika kita bandingkan harga telur ayam Jumat lalu dengan harga seminggu sebelumnya (17/1), tampak secara umum juga masih turun. Penurunan harga telur ayam paling dalam sepekan terakhir terjadi di beberapa kota Jawa Timur: Madiun (-10,53%), Blitar (-10,53%), Pare-Kediri (-10,53%), dan Surabaya (-11,79%).

Hanya di Kendari dan Gorontalo harga telur ayam mengalami kenaikan masing-masing 2,27%.

Namun demikian, selama sepekan terakhir lebih banyak kota atau wilayah yang tidak lagi mengalami penurunan harga telur ayam. Terhitung ada 11 kota atau wilayah yang tak mengalami perubahan harga telur ayam.

Apakah ini tanda-tanda harga telur ayam akan naik lagi atau stabil? Mari kita tunggu saja.

Daftar Harga Telur Ayam di berbagai kota dan wilayah >>>




TERBARU

Close [X]
×