kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.029,58   3,25   0.32%
  • EMAS974.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Humpuss Intermoda (HITS) Rangkul Potensi Putera Papua untuk Kembangkan Kemaritiman


Sabtu, 29 Januari 2022 / 18:45 WIB
Humpuss Intermoda (HITS) Rangkul Potensi Putera Papua untuk Kembangkan Kemaritiman
ILUSTRASI. Kapal PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT ETSI Hutama Maritim (ETSI), salah satu segmen usaha yang dikembangkan oleh PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) di Grup PT Misi Hutama Internasional (MISI) berkomitmen untuk pengembangan putera daerah mutiara dari timur. 

HITS rangkul SMK Pelayaran Ampari Kota Jayapura untuk lakukan pengembangan dan pelatihan. Proyek sosial ini ditandatangani bersama seluruh jajaran HITS Grup beserta Kepala Sekolah SMK Papua Barat, Indeleti SJ Ansanay, Spd beserta tim di Jakarta, Jumat (27/1).

“Penekanan HITS di aspek sosial pada komponen ESG (environmental, social and governance) salah satunya adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia. Selain untuk insan HITS, kami juga sangat concern untuk tumbuh kembangnya para calon-calon perwira kami dan membuka kesempatan untuk putera daerah yang berasal dari timur,” kata Kemal Imam Santoso, Direktur Utama HITS dalam rilis yang diterima Kontan, Sabtu (29/1).

Baca Juga: Humpuss Intermoda (HITS) Dorong Transformasi Digital

Kerja sama di bidang Pendidikan ini diprakarsai untuk pemberdayaan SDM sekaligus untuk meningkatkan kualitas putera papua pada bidang maritim atau pelayaran. Hal tersebut dinilai sangat dibutuhkan untuk memberikan nilai tambah ekosistem yang dibangun oleh Kepala Daerahnya.

Direktur ETSI Hutama Maritim-Training Center (ETSI) Johan Novitrian menjelaskan bahwa kebutuhan awak kapal terus meningkat setiap tahunnya, sehingga diperlukan program yang agresif dan bersinergi dengan Sekolah-Sekolah Pelayaran yang ada di wilayah Indonesia. 

Pertumbuhan awak kapal akan seiring dengan pertumbuhan pengembangan kualitas para awak kapalnya. Guna mencapai sasaran tersebut, diperlukan ketersediaan SDM yang terampil, andal serta bersertifikat awal kapal yang secara aturan dikeluarkan oleh Perhubungan Laut.

Baca Juga: Humpuss Intermoda (HITS) Gandeng Jatis Mobile Laksanakan Transformasi Digital

“Untuk inilah, ETSI berperan besar dalam membantu siswa SMK Pelayaran Ampari untuk disejajarkan kompetensinya dengan SMK Pelayaran di daerah lainnya,” imbuh Johan.

Johan menambahkan, target Perusahaan untuk melakukan transformasi digital berupa otomatisasi untuk penyedia layanan dan konten Pendidikan maritim berbasis teknologi, tidak hanya untuk merombak metode pembelajaran namun diharapkan dapat mampu mengubah berbagai aspek pada dunia Pendidikan.

Dengan demikian, adanya ketersediaan teknologi untuk menghasilkan konten Pendidikan diharapkan dapat membantu para siswa di luar pulau Jawa untuk memiliki kualifikasi dan berstandar internasional.

Baca Juga: Pelabuhan Anggrek akan melancarkan pertumbuhan ekonomi di Gorontalo

Di sisi lain, Dedi Hudayana selaku Direktur Utama MISI, sekaligus Direktur HITS menyampaikan bahwa kegiatan HITS ini sekaligus menjadi kick-off program ESG terkait pengembangan SDM industri kemaritiman untuk putera Papua.

“HITS selaku induk Perusahaan akan mendukung penuh pengembangan SDM melalui bidang pendidikan dan pelatihan, dan sertifikasi,” ujar Dedi.

Dedi menyebutkan, kerja sama ETSI dengan SMK Pelayaran Ampari Kota Jayapura ini tidak didasari oleh kepentingan bisnis, namun tujuannya murni untuk kepentingan SDM. Menurutnya, hubungan kerja sama di dunia Pendidikan ini diyakini dapat memperkuat struktur ‘People’ untuk mewujudkan visi Perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era Data Analysis with Excel Pivot Table

[X]
×