Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ichi Tan Indonesia (Ichitan) ingin bisnisnya melaju. Tahun ini, perusahaan minuman ringan yang dikenal melalui minuman ready to drink (R2D) Ichitan Thai Milk Tea ini menargetkan bisa membukukan pertumbuhan penjualan di atas 10% dibanding tahun sebelumnya.
“Kami kan gencar berinovasi, penerimaan produk kami juga bagus, jadi kami yakin sih bisa bertumbuh double digit,” ujar Chief Executive Officer PT Ichi Tan Indonesia, Johannes Yoslin ketika ditemui usai acara jumpa pers pada Jumat, (14/2).
Baca Juga: Terungkap, peminum kopi punya tulang yang lebih kuat
Optimisme ini didasarkan pada tren pertumbuhan penjualan perusahaan yang tumbuh dua digit di tahun sebelumnya. Selain itu, penetapan target ini juga dilakukan dengan menimbang prospek pasar yang ada.
Johannes berujar bahwa pasar minuman ringan, utamanya teh Thailand atawa Thai Tea masih memiliki prospsek yang menjanjikan. Hal ini tidak terlepas dari semakin menjamurnya produk-produk minuman bubuk (powder drink) Thai Tea serta kedai-kedai kafe yang menjual minuman Thai Tea.
Namun demikian, hal ini bukan berarti bahwa bisnis Thai Tea tidak memiliki tantangan sepenuhnya. Pasalnya, kehadiran kedai Thai Tea serta produk-produk alternatif berupa Thai Tea dalam bentuk bubuk juga membuat persaingan di pasar minuman ringan menjadi semakin ketat.
Kendati begitu, Johannes mengaku optimis mampu mengejar target penjualan yang telah ditetapkan. Menurut Johannes, Ichi Tan Indonesia telah berencana akan terus berinovasi dan mengeluarkan beberapa varian produk baru guna menghadapi persaingan yang ada di pasar minuman ringan..
Baca Juga: Cokelat dan Gaya Hidup Persahabatan
Pihak manajemen masih enggan membeberkan berapa total jumlah produk baru yang akan dikeluarkan di sepanjang tahun ini. Yang jelas, sementara ini sudah terkonfirmasi bahwa terdapat sebanyak dua produk baru yang sudah disepakati akan diluncurkan dalam waktu dekat..
Salah satu di antaranya yakni produk bernama Ichi Tan Thai Milk Green Tea berukuran 310 ml yang baru saja diluncurkan pada Jumat (14/02). Melalui produk ini, Ichi Tan Indonesia berupaya memberikan sentuhan rasa baru dengan mengkombinasikan teh hijau daun hijau pilihan dengan susu skim berkualitas tinggi.
Menurut keterangan manajemen, inovasi yang dihadirkan pada produk tersebut didasarkan pada riset pasar yang dilakukan oleh perusahaan sebelumnya.
Selain itu, Marketing Director Ichi Tan Indonesia, Duangkamon Ngarmsangiem juga telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya akan kembali mengeluarkan satu produk lagi dalam waktu dekat.
Baca Juga: BCA tawarkan suku bunga KPR rendah 4,63%, siapa berminat?
Sayangnya, ia belum mau buka-bukaan perihal rasa ataupun detail-detail informasi lainnya seputar produk baru tersebut. Yang jelas, ia memastikan bahwa produk baru yang dikeluarkan akan didasarkan pada tren perkembangan pasar di Indonesia.
Asal tahu saja, saat ini, entitas pemilik saham PT Ichi Tan Indonesia, Ichitan Group Public Company Limited menjual varian-varian R2D Thai Tea dengan berbagai rasa-rasa buah segar. Varian-varian rasa tersebut sebenarnya sudah sempat dijual di Indonesia sebelumnya.
Menurut Duangkamon, tidak menutup kemungkinan pihaknya akan menjual varian rasa-rasa buah tersebut apabila terdapat tren permintaan pasar yang baik.
“Di Indonesia yang lebih diterima yang teh sama kopi, ke depan kalau pasar bagus dan diterima mungkin kami akan bikin lagi yang rasa buah-buahan,” jelas Duangkamon ketika di temui dalam acara yang sama (14/2).
Baca Juga: Bebas dari larangan impor binatang hidup, begini prospek bisnis Estika Tata Tiara
Pihak manajemen meyakini bahwa inovasi pada sisi produk menjadi salah satu cara yang efektif dalam mengerek penjualan produk. Buktinya, seiring dengan berbagai inovasi produk yang telah dilakukan, produk-produk Ichi Tan Indonesia telah berhasil meraih posisi ketiga sebagai produk minuman ringan dengan penjualan terbanyak ketiga di kanal penjualan minimarket pada tahun 2019 lalu.
Padahal, sebelumnya produk-produk Ichi Tan Indonesia hanya menempati posisi keempat belas dalam penjualan produk minuman ringan di minimarket ketika pertama kali memasuki pasar Indonesia.
Selain memperkuat aspek produk, Ichi Tan Indonesia juga akan terus memperluas dan jaringan distribusi untuk memperkuat posisi pasar. Johannes belum menyebutkan berapa penambahan jumlah titik distribusi baru yang ingin dikejar ataupun target daerah yang ingin disasar.
Baca Juga: Kalbe Farma dan Fore Coffee gelar edukasi risiko maag karena ngopi
Yang pasti, pemilihan wilayah akan didasarkan pada potensi pasar yang ada di daerah tersebut. Info saja, Ichi Tan Indonesia mengklaim telah memiliki jaringan distribusi di seluruh provinsi yang ada di Indonesia saat ini.
Kegiatan distribusi dilakukan oleh mitra distributor Ichi Tan Indonesia,di antaranya yakni oleh PT Atri Distribusindo. Sementara itu, kegiatan produksi dilakukan oleh mitra perusahaan, yakni PT Hon Chuan Indonesia. Sejauh ini, semua produk Ichi Tan Indonesia masih dijual di pasar domestik seluruhnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News