kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,27   4,71   0.60%
  • EMAS938.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.36%
  • RD.CAMPURAN -0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Ini alasan Aneka Tambang (ANTM) tetap optimistis meski ada tekanan pandemi corona


Senin, 18 Mei 2020 / 09:37 WIB
Ini alasan Aneka Tambang (ANTM) tetap optimistis meski ada tekanan pandemi corona
ILUSTRASI. Penjualan emas yang masih tinggi jadi penopang kinerja PT Aneka Tambang Tbk (ANTM)

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi virus corona (Covid-19) menekan pasar komoditas, termasuk di sektor pertambangan. Kondisi ini pun berdampak terhadap kinerja perusahaan, tak terkecuali bagi eminten BUMN, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).

Senior Vice President Corporate Secretary ANTM Kunto Hendrapawoko menjelaskan, pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini secara jangka panjang berpotensi mempengaruhi kinerja ANTM. Termasuk di periode kuartal I dan kuartal II 2020.

Sebabnya, sebagian pasar komoditas ANTM adalah pasar internasional yang menerapkan pembatasan aktivitas ekonomi di negaranya. "Namun demikian ANTM tetap bersikap optimis dan berupaya agar tahun ini tetap mencatatkan kinerja yang baik," kata Kunto kepada Kontan.co.id, Minggu (17/5).

Baca Juga: Alasan Aneka Tambang (ANTM) belum tentukan besaran dividen yang dibagikan

Alasannya, permintaan feronikel sebagai salah satu komoditas andalan ANTM tidak turun signifikan secara global. Sehingga, ketika pandemi mereda dan negara tujuan ekspor kembali melaksanakan kegiatan ekonominya, maka aktivitas penjualan ekspor feronikel ANTM , anggota indeks Kompas100 ini, akan kembali membaik.

"Saat ini kegiatan operasi pabrik feronikel ANTM tetap berjalan dengan protokol kesiagaan dan kesehatan secara ketat," sebut Kunto.

Untuk komoditas feronikel, sambungnya, sejauh ini ANTM tidak mendatangkan bahan baku impor untuk proses produksi. Kunto memastikan, pabrik feronikel perusahaan mendapatkan bahan baku dari tambang sendiri.

"Ke depannya, ketika negara tujuan ekspor kembali membuka kegiatan operasionalnya secara penuh, maka aktivitas penjualan akan lebih baik dibandingkan saat pandemi. Kami berharap hal ini pun akan mendukung kontribusi ANTM terhadap Negara di tahun 2020 ini," terangnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×