kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini alasan Mandala kasih penerbangan gratis


Selasa, 05 Februari 2013 / 15:04 WIB
Ini alasan Mandala kasih penerbangan gratis
ILUSTRASI. Ketahui 5 Manfaat Habbatussauda Untuk Perawatan Rambut Anda


Reporter: Oginawa R Prayogo | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. PT Mandala Airlines mengaku membawa terbang gratis bagi penumpang Batavia Air yang gagal berangkat karena maskapai Batavia Air berhenti beroperasi.

"Perspektif kami memberikan penerbangan gratis ini karena menuruti imbauan dari Dirjen Perhubungan Udara, Kemenhub. Karena kami juga pernah mengalami hal serupa (pailit). Jadi kami bisa memahami situasi ini," ujar  Lucas Suryanata, Public Relations Manager PT Mandala Airlines kepada KONTAN, Selasa (5/2).

Selain itu, kata Lucas, pihaknya mengakomodasi penumpang Batavia Air juga dalam rangka promosi maskapai Mandala Airlines.  "Bisa dibilang ini kesempatan penumpang untuk mencoba Mandala. Sehingga mereka dapat lebih mengenal kami," ujarnya.

Sebagai informasi, pihak Mandala Airlines memberikan penerbangan gratis bagi penumpang Batavia Air dengan cara pesan ulang tiket ke Mandala Airlines. Pesan ulang dibuka sampai 28 Februari 2013, sedangkan penerbangannya hanya berlaku sampai 30 April 2013.

Program ini hanya berlaku di 4 rute penerbangan Mandala saja, yakni Jakarta-Singapura, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Padang, Jakarta-Pekanbaru.

Mengenai tanggungan biaya penerbangan, Lucas menyatakan, semua biaya operasional ditanggung oleh Mandala Air. Menurutnya, sampai saat ini pihaknya belum menghubungi atau melakukan pembicaraan dengan kurator dari Batavia Air.

"Saat ini kami belum melakukan pembicaraan apa pun dengan kurator. Penerbangan cuma-cuma dari Mandala memang merespons imbauan Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub untuk membantu para penumpang," ujar Lucas.

Hal tersebut diakui Bambang Ervan, Kepala Pusat Informasi Kementerian Perhubungan. Bambang bilang, Mandala memberikan penerbangan secara cuma-cuma ke penumpang Batavia Air yang gagal terbang. "Iya, itu gratis (penerbangan) dan operasionalnya ditanggung Mandala. Tetapi hanya untuk 4 rute yang ditawarkan itu saja," ujar Bambang.

Habiskan ratusan juta

Jika Mandala Air menerbangkan 1.000 penumpang Batavia Air, maka setidaknya perusahaan merogoh kocek ratusan juta rupiah. Jika harga tiket rata-rata penumpang dipatok Rp 300.000  per penumpang, setidaknya Batavia Air menanggung biaya penumpang Batavia Air senilai Rp 300 juta untuk 1.000 penumpang.

Lucas menyatakan, penerbangan untuk calon penumpang Batavia Air itu dilakukan untuk sarana promosi juga. Selain itu untuk menindaklanjuti imbauan dari Dirjen Perhubungan Udara, Kemenhub untuk mengangkut penumpang Batavia Air yang terlantar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×