kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Ini profil pesawat dan pilot naas Lion Air


Senin, 15 April 2013 / 16:18 WIB
ILUSTRASI. Working mom


Reporter: Oginawa R Prayogo | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjelaskan, kecelakaan yang dialami pesawat Lion Air pada Sabtu lalu, 13 April 2013 menyebabkan pesawat rusak total dan tidak bisa digunakan kembali.

EE Mangindaan, Menteri Perhubungan menyebutkan, pesawat tersebut dikendarai Kapten Mahlup Ghozali (asal Indonesia) dan Co pilot Chirag Kalra (India). Dia bilang, kedua penerbang tersebut sudah dilakukan preventif grounding (dirumahkan) oleh Kemenhub.

Menurut Mangindaan, tipe pesawat tersebut adalah Boeing 737-800 NG dengan tahun pembuatan 2013. "Jumlah jam terbang pesawat 146 jam 48 menit per 11 April," ujarnya saat jumpa pers di kantornya, Jakarta, Senin (15/4).

Pesawat Lion Air yang jatuh di Bali tersebut, terdaftar di Kemenhub sejak 20 Maret 2013, dan sertifikasinya berlaku sampai 20 Maret 2014. Adapun masa berlaku asuransi pesawat hingga 16 Desember 2013.

Profil Pilot Mahlup Ghozali yakni:

Nomor lisensi: ATPL 3511

Total jam terbang: 12.000 jam

Jam terbang Boeing 737-800: 5.000 jam

Rating pesawat pilot: Boeing 737-800 sejak 13 Agustus 2007

Rating pilot sebelumnya: CN 235, DHC 6, Fokker 28, MD 80, Boeing 737 Classic

Pilot Proficiency Check: 31 Oktober 2012 dan berlaku 6 bulan hingga 31 April 2013

Line Operation Flight Training: 24 Oktober 2012 dan berlaku 1 tahun hingga 24 Oktober 2013.

Profil Co Pilot Chirag Kalra adalah:

Nomor validasi lisensi: CPL 9365

Pengecekan validasi lisensi: 24 dan 25 September 2011, hasil memenuhi persyaratan

Masa berlaku validasi: 15 Januari 2014

Total jam terbang: 1.350 jam

Rating pesawat: Boeing 737-800

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×