kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.499.000   -40.000   -2,60%
  • USD/IDR 15.935   -60,00   -0,38%
  • IDX 7.246   -68,22   -0,93%
  • KOMPAS100 1.110   -11,46   -1,02%
  • LQ45 880   -11,76   -1,32%
  • ISSI 222   -0,92   -0,41%
  • IDX30 452   -6,77   -1,48%
  • IDXHIDIV20 545   -7,80   -1,41%
  • IDX80 127   -1,32   -1,03%
  • IDXV30 136   -1,06   -0,77%
  • IDXQ30 150   -2,29   -1,50%

Ini rencana pemerintah soal industri fesyen


Kamis, 14 Februari 2013 / 14:34 WIB
Ini rencana pemerintah soal industri fesyen
ILUSTRASI. Contoh kamar mandi warna kuning. Foto:?Instagram @2lgstudio


Reporter: Oginawa R Prayogo | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Pemerintah mulai melirik potensi ekonomi dari industri fesyen yang terus berkembang di Indonesia. Agar industri ini bisa maksimal berperan dalam ekonomi Indonesia, pemerintah mulai bikin strategi yang disusun empat kementerian.

Mereka adalah, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Empat kementerian ini sepakat membuat cetak biru (blue print) untuk industri fesyen di Indonesia.

Dalam cetak biru itu tertuang tentang target Indonesia menjadi pusat industri fesyen Asia di tahun 2018, dan dapat menjadi salah satu pusat fesyen dunia tahun 2025. Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bilang, masing-masing kementerian memiliki tugas masing-masing dalam blue print.

"Kalau kementerian kami tugasnya kepada penciptaan dan pemahaman trend fesyen. Untuk itu kami sudah kerja sama dengan LondonĀ  British Council," ujarnya. Sedangkan MS Hidayat, Menteri Perindustrian menjelaskan, pihaknya bertanggung jawab dari sisi industrinya.

"Selain itu, kami akan melakukan pencarian bahan baku baru, dan hal yang terkait mata rantai dari industri fashion tersebut," katanya. Sementara itu, Gusmardi Bustami, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Kemendag mengaku akan fokus pada bidang pemasaran dan distribusi produk di pasar regional dan mancanegara.

"Salah satu upayanya melalui pemanfaatan trading house (lembaga bisnis) serta aktif dalam kegiatan temu bisnis antara pelaku fesyen siap ekspor dengan pembeli dan investor dari dalam dan luar negeri" terang Gusmardi.

Adapun tanggung jawab dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah adalah melakukan pelatihan bisnis, fasilitasi wirausaha baru, dan pembentukan kelompok kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×