kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Startup Lokal yang Berpeluang Dilirik Venture Capital


Senin, 05 September 2022 / 14:43 WIB
Ini Startup Lokal yang Berpeluang Dilirik Venture Capital
ILUSTRASI. HUB.ID Summit di Nusa Dua Bali yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kem


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - NUSA DUA. Perusahaan rintisan alias startup asal Indonesia berpeluang untuk berkembang. Saat ini, banyak startup Indonesia yang berasal dari tingkatan (tier) dua dan tier tiga yang menjadi incaran para venture capital.

Luat Sihombing, Ketua Tim Business Matchmaking HUB.ID mengatakan, para venture capital melihat market di Indonesia cukup luas dan beragam. Sehingga, startup-startup yang muncul menjadi lebih spesifik dan unik sesuai dengan kearifan lokalnya (local wisdom).

"Mereka (startup) tahu betul kearifan lokal dan apa yang menjadi tantangan di daerah dan solusi yang paling tepat untuk daerah masing-masing," terang Luat, Senin (5/9).

Baca Juga: Dorong Startup Lokal Naik kelas, Kemenkominfo Helat HUB.ID Summit di Nusa Dua Bali

Italo Gani, Managing Partner Impactto menambahkan, agar semangat entrepreneur yang ditumbuhkan para inovator bisa lebih meluas, meningkat, serta cepat transformasi digitalnya di seluruh Indonesia maka pihaknya mempertemukan para startup yang dipilih untuk bertemu dengan pemerintah daerah. 

"Melalui pertemuan dengan daerah, menjadi pintu untuk mereka (startup) bisa touch up dengan para pemerintah di level kabupaten," kata Italo. 

Italo mengapresiasi, wadah bagi para startup untuk mengembangkan bisnis, seperti HUB.ID Summit yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Menurutnya acara ini penting karena berpeluang menciptakan figur-figur startup yang mampu memecahkan masalah di Indonesia. 

Baca Juga: Tumbuhnya Startup Unicorn di Indonesia Berpeluang Menghasilkan Tambahan Decacorn

"Acara ini baik karena memberikan kesempatan kepada founder muda untuk bisa terus menyumbangkan solusi dalam memperbaiki negara," tambah Italo.

I Nyoman Adhiarna, Direktur Ekonomi Digital, Kemenkominfo mengatakan, keberhasilan program startup sebanyak ini pada akhirnya menentukan berapa banyak startup yang dilahirkan, dan berapa banyak dari mereka yang bisa menjadi startup besar seperti unicorn maupun decacorn. 

"Kita ingin startup kita menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Kita bukan hanya menjadi pasar tetapi ada pemain yang bisa berperan, dan ini membanggakan buat Indonesia. Kita perlu membangun hubungan yang baik dengan venture capital luar negeri dan seterusnya. Karena tanpa mereka kita sulit tumbuh dan berkembang," terang Adhiarna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×