kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jababeka resmi membuka Fabrication Laboratory di kawasan Medical Science Center


Senin, 01 Maret 2021 / 14:45 WIB
Jababeka resmi membuka Fabrication Laboratory di kawasan Medical Science Center
ILUSTRASI. Pembangunan perumahan di kawasan Jababeka, Cikarang, JAwa Barat. KONTAN/BAihaki/24/11/2016


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jababeka secara resmi membuka Fabrication Laboratory (Fablab) di kawasan Medical Science Center, Kota Jababeka Cikarang.

Fablab Jababeka merupakan hasil kolaborasi antara anak perusahaan PT Jababeka Tbk (KIJA) yaitu PT Jababeka Infrastruktur dengan President University dan menjadikannya Fablab pertama di Indonesia yang berlokasi di kawasan industri.

“Kami hadirkan Fablab Jababeka ini sebagai fasilitator dan wadah untuk menuangkan segala inovasi dari segala lapisan masyarakat mulai dari mahasiswa, teknisi, pekerja, komunitas, perusahaan startup, sehingga memungkinkan mereka untuk belajar dan mengimplementasikan Industry 4.0,” ujar Tjahjadi Rahardja selaku Board of Director PT Jababeka Tbk dalam keterangan resmi, Senin (1/3).

Baca Juga: KIJA dapat pinjaman US$ 20 Juta dari Stanchart

Lanjutnya, Fablab Jababeka sendiri akan lebih memfokuskan pada pengembangan kompetensi serta pengembangan purwarupa manufaktur untuk tenant industri.

Tjahjadi menjelaskan bahwa Fablab Jababeka mengusung lima pilar utama yakni pilar showcase, capability, ecosystem, delivery, dan innovation di mana kelima pilar ini sejalan dengan tujuan PIDI 4.0 (Pusat Inovasi Digital Industri 4.0).

PIDI 4.0 merupakan suatu program pemerintah dalam pengembangan inovasi dan sumber daya manusia demi terwujudnya Indonesia 4.0.

Diharapkan dengan dukungan ekosistem ini dapat mengakselerasi industri konvensional menuju Industry 4.0. Juga, mempertemukan para perusahaan penyedia solusi Industry 4.0 dengan perusahaan lain yang membutuhkan solusi tersebut.

Rektor President University Jony Haryanto meyakini dengan kehadiran fasilitas ini, maka kawasan ini semakin siap memenuhi kebutuhan industri 4.0.

Baca Juga: Jababeka mencari mitra proyek Kota Cikarang

“Dengan fasilitas Fablab Jababeka, memungkinkan para pelaku industri khususnya di kawasan Jababeka untuk dapat memenuhi segala kebutuhannya di era Industry 4.0 melalui Fablab Showcase,” tuturnya.

Adapun, sejumlah fasilitas serta peralatan industri yang dapat digunakan mulai dari perangkat lunak untuk design, mesing metal cutting, grinder, Arduino, drill hingga 3d printer, 3d scanner , 3in1 Snapmaker, Armrobotic dan Cnc Plasma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×