Reporter: Venny Suryanto | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama masa lebaran, PT Kereta Api Indonesia (Persero) melayani 2.557.130 pelanggan Kereta Api Jarak Jauh dengan okupansi 95% dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan. Adapun jumlah itu jika ditotal dengan perjalanan KA Lokal sebanyak 1,83 juta pelanggan, maka pada Angkutan Lebaran 2022 KAI melayani total 4,39 juta pelanggan.
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan animo angkutan pelanggan selama Lebaran 2022 ini merupakan capaian yang luar biasa.
“Angka tersebut juga sudah mendekati pencapaian volume pelanggan di tahun 2019, sehingga kita mempunyai optimisme untuk mengoptimalkan pelayanan di tahun 2022,” ujarnya dalam keterangan rilis, Selasa (17/5).
Tercatat, selama angkutan Lebaran 2022, KAI mengoperasikan total 4.714 KA Jarak Jauh atau rata-rata 214 KA per hari dengan ketepatan waktu mencapai 99%. Adapun puncak arus balik terjadi pada H+1 atau Rabu (4/5) sebanyak 283.736 pelanggan.
Baca Juga: KAI: Sebanyak 67.000 Penumpang Kereta Api Tinggalkan Jakarta pada Long Weekend Ini
Rute favorit pelanggan yaitu Jakarta - Yogyakarta pp, Jakarta - Purwokerto pp, Jakarta - Semarang pp, Jakarta-Bandung pp, Jakarta - Surabaya pp, Bandung - Yogyakarta pp, dan lainnya. Pembelian tiket KA pada periode Angkutan Lebaran ini didominasi melalui aplikasi KAI Access sebesar 49%, kemudian channel eksternal 38%, dan lainnya.
Pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran ini, KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Di mana pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya.
“Selama periode Angkutan Lebaran tersebut, sebanyak 840 pelanggan ditolak keberangkatannya karena belum divaksin, sakit, reaktif, dan tidak melengkapi persyaratan,” tutupnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News