kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kelangkaan Pasokan Semikonduktor Berdampak pada Proses Produksi Astra Honda Motor


Kamis, 02 Juni 2022 / 13:38 WIB
Kelangkaan Pasokan Semikonduktor Berdampak pada Proses Produksi Astra Honda Motor
ILUSTRASI. Perakitan sepeda motor Honda BeAT di pabrik Astra Honda Motor (AHM).


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Honda Motor (AHM) akui bahwa kelangkaan pasokan chip semikonduktor akibat pandemi memberi dampak besar pada berbagai industri secara global, termasuk pada industri otomotif.  

Akibat kelangkaan komponen tersebut, proses produksi sepeda motor Honda tidak bisa optimal di tengah tingginya permintaan untuk beberapa tipe produk, termasuk diantaranya tipe yang sedang populer di masyarakat. 

"Sehingga, waktu inden sepeda motor Honda pun menjadi lebih lama dari biasanya," tulis Manajemen Astra Honda Motor dalam siaran pers, Selasa (31/5).

Baca Juga: AHM Akui Turut Terdampak Kelangkaan Semikonduktor

AHM menjelaskan, chip semikonduktor sangat penting bagi sejumlah industri, termasuk sepeda motor. Tanpa komponen kecil tersebut sepeda motor tidak bisa diproduksi dengan sempurna.

Chip semikonduktor merupakan bahan utama untuk membuat Integrated Circuit (IC) dan terbuat dari gallium arsenide, germanium, silicon, dan lainnya. IC sendiri adalah komponen elektronika aktif yang terdiri dari gabungan ratusan, ribuan, bahkan jutaan komponen elektronik seperti transistor, dioda, resistor, dan kapasitor yang diintegrasikan menjadi suatu rangkaian elektronika dalam sebuah kemasan kecil.

Chip semikonduktor bersifat sebagai isolator listrik (tidak dapat dilalui arus listrik). Namun pada temperatur, arus listrik, atau dalam keadaan tertentu, semikonduktor dapat juga berfungsi sebagai konduktor (dapat dilalui arus listrik), misalnya sebagai penguat arus, penguat tegangan dan penguat daya.   

Baca Juga: Gabel Sebut Beberapa Produk Elektronik Cukup Terdampak Kelangkaan Semikonduktor

Pada sepeda motor Honda, IC digunakan dalam sebuah rangkaian elektronika yang rumit dan kompleks seperti pembuatan komponen speedometer, ECM, rangkaian lampu LED, regulator, dan beberapa komponen sepeda motor lainnya.

Komponen IC dibuat dengan menggunakan proses fotolitografi yang dapat membuat dan mencetak suatu gambar atau pola sampai ukuran nanometer (nm), sehingga dapat diproduksi sebuah IC dengan ukuran kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×