kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45801,69   11,79   1.49%
  • EMAS1.048.000 1,85%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Kementan siapkan strategi untuk dorong ekspor komoditas pertanian di luar China


Kamis, 02 April 2020 / 19:52 WIB
Kementan siapkan strategi untuk dorong ekspor komoditas pertanian di luar China
ILUSTRASI. Kapal kargo memuat bungkil inti sawit (palm kernel) di Dermaga C Pelabuhan PT Pelindo I Dumai di Dumai, Riau, Selasa (10/3/2020).

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Pertanian tengah mengkaji alternatif tujuan pasar ekspor komoditas perkebunan sebagai antisipasi penurunan permintaan China terhadap komoditas perkebunan Indonesia di tahun 2020.

China memang menjadi salah satu mitra dagang Indonesia yang kerap mengimpor sawit, kelapa, kakao, karet, kopi, teh, lada, pala, cengkeh, hingga kayu manis. Sementara, karena Covid-19 ini terdapat pembatasan keluar masuknya barang dari dan/atau ke China.

Baca Juga: Harga bahan pangan masih tinggi, berikut rinciannya

Direktur Jenderal Perkebunan Kasdi Subagyono mengatakan, Kementan pun menyiapkan enam strategi utama untuk memperkuat ekspor perkebunan Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Strategi pertama, melakukan lobi perdagangan dengan negara mitra baru, termasuk untuk mengupayakan ekspor secara langsung terhadap komoditas yang selama ini di re-ekspor melalui Tiongkok.

“Kedua kami akan lakukan lobi terhadap kesepakatan tarif bea masuk di negara tujuan dan memberikan kemudahan perdagangan bilateral, seperti untuk Sugar, Vanaspati ghee dan komoditas lainnya," ujar Kasdi dalam keterangan tertulis, Kamis (2/4).

Baca Juga: Harga gula masih meroket, di pasar tradisional harganya capai Rp 18.250 per kg

Langkah ketiga adalah dengan meningkatkan jaminan kualitas, citra brand hingga ketersediaan produk secara berkelanjutan.

Strategi selanjutnya, berupaya meningkatkan kerja sama perdagangan untuk peningkatan akses pasar, melalui optimalisasi pemanfaatan perwakilan Indonesia di luar negeri, kerja sama yang sudah berjalan dipercepat, dan  tentunya dengan melakukan pengembangan kesepakatan baru.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×