kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Keuangan Garuda Indonesia (GIAA) berdarah-darah, ini kata pengamat


Jumat, 04 Juni 2021 / 21:27 WIB
Keuangan Garuda Indonesia (GIAA) berdarah-darah, ini kata pengamat
ILUSTRASI. Pesawat Garuda Indonesia


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) masih terus tertekan oleh pandemi covid-19. Tercatat utang Garuda Indonesia menyentuh Rp 70 triliun per Mei 2021. 

Pengamat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto mengatakan, ada beberapa langkah untuk menyelamatkan Garuda Indonesia dari lilitan utang tersebut. 

Misalnya, suntikan pinjaman modal kerja dari pemerintah lewat PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). 

Selain itu, GIAA juga bisa melakukan restrukturisasi radikal pada pengelolaan struktur biaya yang harus dilanjutkan. Restrukturisasi terutama dalam melakukan renegosiasi dengan lessor pesawat. 

“Karena beban utang Garuda Indonesia adalah sebagian besar di biaya leasing pesawat,” jelas Toto kepada Kontan.co.id, Jumat (4/6). 

Baca Juga: Soal opsi penyelamatan Garuda Indonesia (GIAA), begini kata serikat pekerja

 

Ia menambahkan, restrukturisasi juga harus dilakukan di sisi bisnis dimana share pendapatan kargo yang harus bisa ditingkatkan secara optimal serta perlunya strategi untuk mengatur ulang rute pesawat. Hal ini agar aspek efisiensi dan fokus pada segmen market  dapat dijalankan. 

Selain itu, perusahaan pelat merah ini bisa mengistirahatkan hampir separuh armada pesawat bisa menjadi langkah yang bagus buat mengurangi tekanan cashflow pada keuangan GIAA

“Pemberhentian armada ini bisa dilakukan untuk jangka menengah sampai jangka panjang. Sekaligus menunggu pemulihan ekonomi pasca Covid-19 sekaligus untuk penyehatan Garuda. Apabila kinerja GIAA sudah mulai membaik maka rencana expansi fleet bisa dipikirkan kembali,” pungkas Toto.

Selanjutnya: Kasus penyelundupan Harley & Brompton, Eks Dirut Garuda dituntut 1 tahun penjara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×