kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45859,61   -8,86   -1.02%
  • EMAS930.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -0.40%
  • RD.CAMPURAN -0.08%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.11%

Lanjutkan ekspansi, Erajaya Swasembada (ERAA) bidik tambahan hingga 300 gerai


Senin, 17 Mei 2021 / 16:00 WIB
Lanjutkan ekspansi, Erajaya Swasembada (ERAA) bidik tambahan hingga 300 gerai
ILUSTRASI. erviana.bastian-Erajaya Group meresmikan iBox di Senayan City dan Pejaten Village. Erajaya Group hadir meresmikan iBox di Senayan City dan Pejaten Village

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) terus memperluas jangkauan bisnisnya. Ekspansi dilakukan dengan menambah jumlah gerai, sembari mengembangkan konsep bisnis baru.

Wakil Direktur Utama Erajaya Group Joy Wahjudi membeberkan, kondisi pandemi covid-19 membuat ERAA tak terlalu banyak melakukan ekspansi penambahan gerai baru pada tahun lalu. Seiring bisnis yang terus bertumbuh, ERAA akan kembali agresif dengan target penambahan sekitar 300 gerai pada tahun ini.

Hingga Kuartal I atau dari Januari-Maret, tak kurang dari 20 gerai baru sudah terealisasi. Joy bilang, jumlah tambahan gerai terus meningkat pada April, dan akan berlanjut pada bulan-bulan berikutnya.

Baca Juga: Solusi Tunas Pratama (SUPR) bakal selenggarakan RUPSLB untuk pencarian dana jumbo

"Januari-Maret nggak terlalu banyak. (Gerai baru) banyak yang selesai di April. Kan biasanya bangun dulu, itu bisa 1-2 bulan. Kadang juga dibukanya sekalian dengan serempak," terang Joy saat diwawancarai Kontan.co.id, beberapa hari lalu.

Dari proyeksi sekitar 300 gerai baru itu, sepertiganya akan berasal dari konsep baru, yakni Erafone Cloud Retail Partner. Mengusung konsep kemitraan dengan investor lokal, Erafone Cloud Retail Partner dimiliki oleh investor perorangan, namun dikelola dan dioperasikan sepenuhnya oleh tim Erafone.

Seluruh produk gadget, aksesoris dan ekosistem yang dijual di gerai ini merupakan portofolio produk orisinil dan bergaransi resmi, seperti yang dijual di outlet Erafone lain. Konsep ini dinilai akan efektif dan efisien untuk mengakselerasi ekspansi Erajaya Group hingga ke kota-kota level kedua dan ketiga (second-third tier). 

"Kami banyak approach ke investor dan pebisnis di daerah yang sudah familiar dengan industri ini, untuk bermitra dengan Erafone. Kami lihat secara garis besar ini akan efektif dan bisa lebih cepat mengembangkan brand Erafone di seluruh Indonesia," terang Joy.

Baca Juga: Pendapatan Citra Putra Realty (CLAY) turun 81,89% sepanjang tahun 2020

Dimulai sejak Oktober 2020, hingga akhir April paling tidak sudah ada 9 gerai Erafone Cloud Retail Partner yang tersebar di tujuh kota. Joy bilang, tidak ada target spesifik yang dibidik ERAA untuk penambahan gerai dengan konsep kemitraan ini.

Namun untuk tahun ini, Joy memproyeksikan jumlah Erafone Cloud Retail Partner akan bertambah pesat antara 90 gerai hingga 120 gerai. Dengan konsep ini, ERAA tidak perlu banyak merogoh dana untuk menjalankan ekspansi. Investasi lebih dominan dilakukan oleh mitra, sedangkan ERAA akan mendapatkan management fee dari pengoperasian gerai tersebut.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Pendalaman Strategic Thinking Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 2

[X]
×