kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Layanan streaming mendominasi kenaikan trafik XL Axiata di periode Natal & Tahun Baru


Selasa, 05 Januari 2021 / 09:46 WIB
Layanan streaming mendominasi kenaikan trafik XL Axiata di periode Natal & Tahun Baru
ILUSTRASI. BTS XL Axiata Roof Top Rasuna Said, Jakarta.


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Operator telekomunikasi memanen trafik pada musim Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. XL Axiata misalnya mencatat, selama 24 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021, rata-rata trafik pemakaian layanan data meningkat hingga 15%. Dengan kenaikan tertinggi mencapai 70%.

Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik percakapan (voice) menurun 6% dan trafik SMS naik tipis 2% dibandingkan hari biasa.

Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, meski tidak leluasa beraktvitas di luar ruang akibat pandemi, masyarakat mengisi masa liburan dengan beragam aktivitas digital. Trafik data di area pemukiman naik sekitar 7% dibandingkan hari normal. “Beberapa kawasan pemukiman/perumahan meningkat terutama di Jakarta, Medan, Semarang, Pekanbaru, Palembang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Palembang, Cibubur, Cirebon dan sebagainya,” terang Gede, dalam rilis ke Kontan.co.id, Senin (4/1).

Kenaikan trafik data tertinggi pada Hari Natal, antara 24 – 25 Desember 2020. Secara rata-rata meningkat lebih dari 3% dibanding hari biasa, dengan kenaikan tertinggi mencapai sekitar 17%. Dibandingkan Natal tahun sebelumnya, kenaikan trafik lebih dari 40%.

Sementara itu, pada Tahun Baru, antara 31 Desember – 1 Januari 2021, kenaikan rata-rata trafik data 10% dibandingkan hari normal. Kenaikan tertinggi sekitar 70%. Dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, terjadi kenaikan trafik data hingga 40%.  

Dari jenis layanan, trafik layanan streaming secara umum meningkat 6%. Termasuk streaming video Youtube, Facebook, Instagram, Tiktok meningkat sebesar 6%. Film dan saluran TV (Nietflix, Iflix, Viu, Vidio) juga meningkat 4%. Dan musik (Spotify, Joox, Google Music, Youtube Music) meningkat 2%.

Selanjutnya, layanan instant messenger secara umum naik 19%. Termasuk dalam jenis layanan ini adalah Whatsapp, Messenger, LINE, Telegram, dan Hangouts). Sementara itu pada layanan media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat, LinkedIn) meningkat 11%. Yang menarik, layanan video call (via Whatsapp dan Hangouts) menurun 14%, dan VoIP (via Whatsapp dan Messenger) naik 11%.

Trafik akses ke layanan belanja online (Lazada, Shopee, Tokopedia) turun sebesar -22%, sementara trafik ke layanan travelling (Traveloka, Agoda, Tiket.dom) meningkat sekitar 13%. Dan seperti biasanya selama masa libur Panjang, trafik ke layanan peta jalan (Google Map dan Apple Map) juga meningkat sebesar 2%. Sementara trafik untuk akses ke layanan pembayaran digital (Dana, Ovo) turun 6%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×