kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lion Air menyebut sudah atur jaga jarak penumpang


Sabtu, 16 Mei 2020 / 19:10 WIB
Lion Air menyebut sudah atur jaga jarak penumpang
ILUSTRASI. Lion Air memastikan penumpang yang diterbangkan melalui Bandara Soekarno-Hatta Tangerang sudah memenuhi aturan jaga jarak.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lion Air Group memastikan penumpang yang diterbangkan melalui Bandara Soekarno-Hatta Tangerang sudah memenuhi aturan jaga jarak dan sesuai dengan standar operasional yang ditetapkan pada masa pandemi Covid-19.

Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan, Lion Air telah menugaskan 15 personel layanan darat (ground handling) untuk mengatur antrean calon penumpang, mengatur jarak antarcalon penumpang. Mereka juga mengingatkan agar setiap calon penumpang mempersiapkan dokumen-dokumen perjalanan yang dibutuhkan sesuai ketentuan sebelum masuk pintu pemeriksaan pertama (security check point) di terminal keberangkatan bandar udara.

"Kami menegaskan antara penumpang satu dengan penumpang lainnya tidak bersentuhan, karena terdapat jarak yang telah dibuat, yaitu dengan mengosongkan satu kursi antara penumpang satu dengan penumpang lainnya," kata Danang dalam siaran resmi, Sabtu (16/5).

Baca Juga: Cegah penumpukan penumpang, AP II akan atur lagi jadwal penerbangan khusus

Danang menambahkan, pelaksanaan penerbangan berjalan baik karena para pihak atau stakeholder telah bekerjasama dan melaksanakan fungsi masing-masing dengan baik. Dengan demikian, antrean menjadi lebih baik sehingga penerbangan dapat berjalan sebagaimana yang direncanakan serta keberangkatan menjadi tepat waktu.

Lion Air mengaku akan terus meningkatkan kemampuan staf dan petugas ground handling dalam melakukan penanganan menurut standar operasional prosedur, terutama kemampuan dalam mencermati pengecekan dokumen-dokumen perjalanan sebagaimana berlaku pada masa pandemi Covid-19 ini.

Maskapai ini mengaku telah mengimplementasikan semua standar operasional penerbangan selama pandemi Covid-19. Meliputi semua awak pesawat yang aktif terbang sudah dilakukan tes menggunakan rapid test dengan hasil negatif, pemeriksaan kesehatan awak pesawat tetap dijalankan sebelum penerbangan (pre-flight health check), guna menentukan kondisi sehat serta laik terbang (airworthy for flight), dan menyediakan cairan pembersih kuman pada tangan (hand sanitizer) bagi tamu atau penumpang ketika mulai proses pelaporan (check-in).

Selain itu, semua pesawat sebelum terbang dilaksanakan penyemperotan desinfektan, dalam upaya memastikan sterilisasi dan kebersihan pesawat. Awak pesawat, petugas layanan darat (ground handling) dan layanan lainnya, Lion Air Group harus mengikuti protokol kesehatan, yakni pengecekan suhu badan, menjaga pola hidup sehat, mencuci tangan, membersihkan tangan dengan cairan (hand sanitizer), penggunaan sarung tangan dan wajib menggunakan masker.

Baca Juga: Batik Air melanggar aturan pembatasan penumpang di rute ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×