kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45882,93   -5,57   -0.63%
  • EMAS933.000 -0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Lion Parcel catat pertumbuhan transaksi 30% pada kuartal I-2021


Selasa, 04 Mei 2021 / 07:48 WIB
Lion Parcel catat pertumbuhan transaksi 30% pada kuartal I-2021
ILUSTRASI. CEO Lion Parcel Farian Kirana dan jajaran direksi Lion Parcel di Jakarta, Rabu (14/4).

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis logistik terus bertumbuh di tengah pandemi covid-19. PT Lion Express turut berpacu mengoptimalkan momentum tersebut. Perusahaan jasa ekspedisi Lion Air Group yang dikenal dengan Lion Parcel ini mencatatkan pertumbuhan transaksi selama kuartal I-2021 dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Chief Marketing Officer (CMO) Lion Parcel Kenny Kwanto menyampaikan, meski pertumbuhan ekonomi relatif masih lemah di tengah pandemi covid-19, Lion Parcel mampu mencatatkan kenaikan transaksi sekitar 30% pada periode kuartal I-2021. 

"Kami berhasil mencatatkan kenaikan transaksi jika dibandingkan dengan Kuartal I-2020," ungkap Kenny dalam acara pengenalan Brand Ambassador Lion Parcel, Senin (3/5).

Dia menambahkan, pertumbuhan transaksi pada kuartal I-2021 lalu juga ditopang oleh meningkatnya transaksi dari aplikasi Lion Parcel. Pada periode tersebut, transaksi Lion Parcel melalui aplikasi meningkat hingga 155% dibandingkan tahun sebelumnya.

Kenny bilang, Lion Parcel akan terus fokus mengembangkan aplikasi untuk memberikan kemudahan dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Termasuk dengan menawarkan sejumlah program seperti adanya fitur free pick up.

Baca Juga: Pengusaha Indonesia diminta tingkatkan pasar ekspor ke Filipina

"Kurir kami akan tetap memprioritaskan menjemput walaupun hanya kirim satu paket. Sehingga pelanggan dapat memastikan paket yang dikirikam akan sampai ke rumahnya masing-masing," imbuh Kenny.

Lion Parcel juga memberikan gratis ongkos kirim untuk pengguna baru aplikasi. Mulai tanggal 3 Mei, bagi pengguna yang baru mendaftarkan diri di aplikasi Lion Parcel bisa mendapatkan saldo senilai Rp 10.000 dengan memasukkan kode "beranidiandelin". Saldo tersebut dapat digunakan untuk transaksi pengiriman.

Dari sisi transaksi pengiriman, Kenny memberikan gambaran bahwa rerata pada Kuartal I-2021 mencapai 1,5 juta paket. Lion Parcel juga terus membidik peningkatan transaksi hingga 100% sampai akhir tahun 2021. Termasuk dalam momentum Ramadan dan Lebaran Idul Fitri, Lion Parcel membidik kenaikan transaksi pengiriman hingga dua kali lipat.

Kenaikan angka pengiriman tersebut utamanya disokong oleh transaksi dari pada mitra agen Lion Parcel. Pertumbuhan itu juga disokong oleh sejumlah program, seperti program SIKAT (Setengah Kilo Hemat) dan Bigpack untuk pengiriman khusus di atas 10 kilogram. Kedua program ini diluncurkan pada awal Ramadan.

Kenny menyampaikan, Lion Parcel memiliki misi untuk menjembatani pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Apalagi UMKM pun menjadi salah satu penopang utama perekonomian Indonesia saat melemahnya pertumbuhan ekonomi.

Untuk itu, Lion Parcel pun telah bekerjasama dengan beberapa pihak seperti UKM Mendunia Foundation, Kopira, Kadin Indonesia, APEDI, Kemenko Perekonomian, Desa Sejahtera Astra. "Kami berupaya menjadi mitra yang aman dan terpercaya bagi masyarakat," sambung Kenny.

Baca Juga: Kerjasama strategis Lion Parcel dan Fedex untuk layanan kiriman domestik

Lion Parcel juga mengadakan promo khusus untuk harga pengiriman dalam kota mulai 3 Mei. Seperti di Jabodetabek, Bandung ke Bandung, Malang ke Malang, dan Surabaya ke Surabaya. 

"Kami juga ada promo harga pengiriman dengan biaya yang murah senilai 4.500 untuk antar kota. Masyarakat bisa merasakan promo ini dengan mengirim paket mereka via agen Lion Parcel. Kami berharap inovasi ini bisa memberikan manfaat lebih bagi masyarakat," sebut Kenny.

Selain layanan pengiriman yang menjangkau wilayah domestik, Lion Parcel juga menyediakan layanan pengiriman hingga ke luar negeri seperti layanan Interpack. Layanan tersebut sudah menjangkau tujuh kota, yakni Singapura, Malaysia, Hanoi, Hongkong, Bangkok, Manila dan Taipei.

Sebagai bagian dari strategi menjembatani UMKM untuk g-global, Lion Parcel menggandeng Joe Taslim sebagai brand ambassador. Aktor yang tengah populer dengan film internasional terbaru, Mortal Kombat, ini pun diharapkan bisa menjadi gambaran Lion Parcel sebagai logistik yang aman dan terpercaya.

"Kami ingin membawa UMKM untuk bisa go-global. Joe Taslim merupakan salah satu tokoh publik yang dipercaya dan berhasil mengharumkan nama Indonesia di mata dunia," pungkas Kenny.

Selanjutnya: Lion Parcel turunkan harga layanan REGPACK dan fokus menggarap pasar di Pulau Jawa

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Menagih Utang Itu Mudah Batch 5 Data Analysis & Visualization with Excel Batch 3

[X]
×