kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,53   14,22   1.56%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Luncurkan Layanan Grab Merchant, Grab Indonesia perkuat bisnis layanan UMKM


Kamis, 11 Juni 2020 / 14:38 WIB
Luncurkan Layanan Grab Merchant, Grab Indonesia perkuat bisnis layanan UMKM
ILUSTRASI. Grab Indonesia meluncurkan aplikasi anyar Grab Merchant untuk pengusaha UMKM.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Grab Indonesia meluncurkan aplikasi anyar Grab Merchant untuk pengusaha UMKM yang terdaftar sebagai mitra Grab Food dan Grab Mart. Grab Merchant merupakan aplikasi yang lebih fokus pada layanan pasar bisnis ke bisnis bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Aplikasi ini mendorong inklusi bisnis UMKM melalui pemanfaatan paltform digital serta mengajak pengusaha untuk mengelola usahanya secara mandiri secara online di tengah pandemi covid-19.

"Grab berinovasi untuk memastikan bahwa kami bisa menghadapi risiko dan tantangan dalam hal kesenjangan digital. Kami tahu bahwa UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia. Kami akan terus fokus pada membantu para UMKM. Pandemi ini mendorong kami meningkatkan kapasitas teknologi untuk mendorong percepatan digital," tutur Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi dalam konferensi pers virtual, Kamis (11/6).

Baca Juga: PSBB dilonggarkan, ini protokol yang kesehatan yang diterapkan Grab

Neneng mengharapkan, super app bagi mitra merchant Grab tersebut dapat membantu mempercepat UMKM untuk go digital, guna memperkuat pemulihan ekonomi Indonesia. Grab Merchant dilengkapi fitur yang mudah diaplikasikan oleh pengguna baru guna menjalankan bisnis mereka secara menyeluruh.

Berdasarkan data yang diterima Grab Indonesia, jumlah pelaku usaha UMKM di dalam negeri yang memanfaatkan platform online untuk mengembangkan bisnisnya masih terlampau kecil. Saat ini hanya 13% UMKM yang sudah bertransformasi ke pemasaran digital.

Padahal dalam menghadapi masa tatanan baru di tengah pandemi, UMKM harus berinovasi dengan teknologi agar tetap bisa bertahan menjaga stabilitas usahanya. Selain itu, dalam jangka panjang, masyarakat lebih memilih menggunakan jasa daring untuk memenuhi kebutuhannya.

Neneng menyebut, kehadiran Grab Merchant ini akan menambah lini bisnis baru di samping layanan transportasi. Para merchant makanan dan minuman yang sebelumnya menggunakan aplikasi GrabFood akan dialihkan ke aplikasi Grab Merchant. Konsolidasi bisnis juga dilakukan untuk bahan makanan di GrabMart dan pembayaran tanpa uang tunai. "Grab punya jaringan dan jangkauan berkembang dalam tatanan baru, kami berencana mendedikasikan upaya jangka panjang kami," paparnya.

Menurut Neneng, melalui aplikasi Grab Merchant, mitra UMKM bakal dapat menikmati sejumlah fitur yang memudahkan kebutuhan bisnis. Misalnya, mitra dapat mengatur jadwal operasional sendiri. Kemudian, mengatur profil karyawannya, serta mengatur foto menu dan harga. selain itu Mitra juga dapat melakukan promosi untuk mengoptimalkan penjualan melalui aplikasi ini. "Mereka bisa promosi menu-menu baru untuk dikenalkan ke semua pengguna," tuturnya.

Dalam aplikasi tersebut, Grab juga menyediakan fitur iklan yang akan diluncurkan pada Juli nanti. Lewat sistem iklan, para mitra merchant bisa dibantu untuk menampilkan usahanya melalui tampilan khusus yang akan dilihat oleh banyak pengguna.

Baca Juga: Grab Indonesia dan OTO Group beri keringanan angsuran kredit mitra pengemudi




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×