kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Melalui Kuzer, UD Trucks Indonesia targetkan kuasai 5% pasar truk kelas ringan


Senin, 22 Juli 2019 / 19:31 WIB
Melalui Kuzer, UD Trucks Indonesia targetkan kuasai 5% pasar truk kelas ringan


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - TANGGERANG. UD Trucks Indonesia menargetkan raih market share sebesar 5% untuk pasar truk ringan. Hal ini dilakukan dengan menggencarkan seri truk ringan bernama Kuzer yang mereka produksi.

Berdasarkan keterangan Kepala Wilayah Indonesia Bagian Barat UD Trucks Indonesia, Hendro Priyo Purnomo, UD Trucks Indonesia telah berhasil menjual sekitar kurang lebih 400 unit Kuzer di semester I 2019 secara nasional.

Menurut Hendro, jumlah penjualan tersebut merupakan capaian yang wajar, mengingat produk tersebut baru memasuki pasar truk kelas ringan di Januari 2019.”Pengenalan produk kan butuh waktu cukup lama ya, ada branding, promosi, dan sebagainya,” ujar Hendro kepada Kontan (22/07).

Meskipun demikian, Hendro optimis Kuzer mampu menguasai 5% pasar truk kelas ringan, sebab Ia menilai Kuzer memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk truk ringan lain dari segi ukuran, tenaga, dan kecepatan.

Menurut keterangan Hendro, Kuzer memiliki ukuran lebar yang paling besar di kelasnya, yakni sebesar 2,3 meter (m). “yang lain itu rata-rata hanya 1,9 hingga 2 m,” terang Hendro. Selain itu, truk ini juga memilki kapasitas tenaga sebesar 150 power stroke (ps).

Dalam mengejar target penguasaan market share sebesar 5%, UD Trucks Indonesia rencananya akan terus menggencarkan kegiatan promosi dengan menyasar konsumen lama yang telah mereka raih di pasar truk kelas medium dan berat.

Hal ini dilakukan dengan cara melakukan roadshow serta mendatangi konsumen-konsumen lama mereka secara langsung untuk memperkenalkan produk truk kelas ringan mereka.

“kita jemput bola, jadi timnya konsumen dari bagian teknisi, pengemudi, maintenance, pucrchasing dan owner-nya, itu dia bisa lihat benefit-benefit apa saja yang kita tawarkan pada produk kita,” terang Hendro.

Untuk diketahui, truk ringan merupakan truk dengan kapasitas GVW 5-10 Ton. Saat ini, kuzer menjadi satu-satunya seri truk ringan yang diproduksi oleh UD Trucks Indonesia.

UD Trucks Indonesia sendiri baru menjajal pasar truk ringan dengan meluncurkan Kuzer sebagai produk truk ringan pertama mereka di acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Namun demikian, produk ini baru mulai dijual di pasaran pada Januari 2019 karena ada rangkaian perizinan yang perlu dilalui. Saat ini, penjualan Kuzer merepresentasikan sebanyak 15% total penjualan truk yang diraih oleh UD Trucks Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×