kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.455.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.155   87,00   0,57%
  • IDX 7.743   -162,39   -2,05%
  • KOMPAS100 1.193   -15,01   -1,24%
  • LQ45 973   -6,48   -0,66%
  • ISSI 227   -2,76   -1,20%
  • IDX30 497   -3,22   -0,64%
  • IDXHIDIV20 600   -2,04   -0,34%
  • IDX80 136   -0,80   -0,58%
  • IDXV30 141   0,18   0,13%
  • IDXQ30 166   -0,60   -0,36%

Mengejar Honda, Yamaha kebut penjualan


Rabu, 01 Februari 2012 / 08:15 WIB
Mengejar Honda, Yamaha kebut penjualan
ILUSTRASI. Pabrik pengolahan kelapa sawit PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG)


Reporter: Arif Wicaksono | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Kalangan agen tunggal sepeda motor mengatakan ada pertumbuhan penjualan yang cukup besar di bulan Januari kemarin, ketimbang bulan Desember 2011.

PT Astra Honda Motor misalnya. Menurut Sigit Kumala Manajer Umum Senior Divisi Pemasaran Motor PT Astra Honda Motor(AHM), estimasi penjualan motor Honda selama Januari lalu bisa mencapai 331.000 unit. Angka itu sama dengan pencapaian awal tahun 2011. Tapi tumbuh sekitar 17% dari penjualan Desember 2011 yang sebesar 281.817 unit.

Segmen skutik seperti produk Vario, Scoopy, Beat dan PCX menguasai total penjualan Honda dengan porsi 55%-56% dari total penjualan Honda 2011 yang berjumlah 4,27 juta unit.

Produk yang terlaris adalah Honda Beat. Tahun lalu, skutik Honda termurah ini berhasil terjual 1 juta unit lebih. Kalau ditotal, penjualan produk skutik Honda mencapai 2,38 juta atau naik 53,5% dari hasil penjualan produk ini di tahun 2010.

Tahun ini, AHM bakal memasang target penjualan tumbuh 10% menjadi 4,67 juta unit dari hasil tahun lalu yang sebesar 4,27 juta unit. Dengan target ini, AHM tetap ingin menjadi pemain nomor satu yang menguasai sekitar 55% dari total pasar sepeda motor nasional.

Indra Dwisunda Kepala Humas Yamaha Motor Kencana a Indonesia juga memperkirakan, penjualan motor Yamaha JANUARI akan melebihi desember 2011 yang mencapai 133.403 unit. Sayang, Indra enggan merincinya.

Peluncuran dua produk Yamaha baru bulan Januari lalu, yakni Yamaha Mio Fino (harga Rp 13,5 juta) di segmen skutik dan Yamaha Mio Injeksi (Mio J) menjadi penopang pertumbuhan penjualan Yamaha di bulan kemarin.

Indra melihat, berdasarkan kebiasaan setiap tahunnya peluncuran produk baru pada awal tahun bisa mempengaruhi peningkatan penjualan. “Kalau tidak ada peluncuran produk baru, maka penjualan akan biasa-biasa saja,” ungkapnya.

Hasil awal tahun yang positif ini membuat Yamaha Motor Indonesia yakin bisa mencapai target penjualan antara 3,6 juta - 4 juta unit atau tumbuh 15% di akhir tahun ini.

Menurut Indra, motor skutik bakal menjadi andalan penjualan Yamaha. Tahun lalu saja, motor skutik Yamaha Mio menguasai 50% dari total penjualan Yamaha yang sebesar 3,1 juta unit.

PT Suzuki Indomobil Sales juga memprediksi penjualan Januari lalu bakal tumbuh 20,6% atau sekitar 47.000 unit ketimbang hasil Desember 2011 yang sebesar 38.959 unit. "Ini respon yang bagus," kata Paulus S Firmanto Direktur Penjualan Suzuki Indomobil Sales.

Ia optimis target penjualan Suzuki tahun ini yakni 680.000 unit atau sekitar 8% dari total pasar motor bakal tercapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×